Berdampak Positif, Ganjil Genap Bakal Diterapkan di Tol Bogor dan Tangerang

Selasa, 13 Maret 2018

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Pelaksanaan kendaraan bernomor polisi ganjil genap di pintu tol Bekasi Timur dan Barat kemarin (Senin, 12 Maret 2018) telah dilakukan. Sejumlah evaluasi dari kebijakan tersebut memberikan hasil positif dalam mengubah perilaku berkendara masyarakat.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan, Bambang Prihartono, mengatakan dari evaluasi yang dilakukan pada hari pertama ini mencatatkan tiga hal positif yang didapat. Menurut dia, yang pertama beban lalu lintas di jalan tol berkurang, jumlah penumpang bus Trans Jabodetabek meningkat hingga 40 persen, hingga kondisi jalan tol dan jalur arteri yang lancar.

“(Pelaksanaan) ganjil genap pada hari ini memiliki implikasi yang positif. Ini akan kita evaluasi terus dan akan tampung juga masukan dari masyarakat,” kata Bambang, seperti dikutip viva.co.id, kemarin.

Ia mengungkapkan, jika dalam evaluasi yang terus dilakukan dalam satu pekan ini berjalan cukup baik maka bukan tidak mungkin penerapan kebijakan yang sama dilakukan di daerah lain, seperti Bogor dan Tangerang.

“Hasilnya akan kita effort lagi, kebijakan ini kita akan coba terapkan di daerah lain, bisa Bogor atau Tangerang. Tapi ini menunggu evaluasi dulu pastinya,” kata Bambang.

Seperti diketahui, pada Senin pagi pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB pemerintah menerapkan kebijakan bernomor polisi ganjil genap bagi kendaraan roda empat atau golongan I di pintu tol Bekasi Timur dan Barat. Kebijakan ini dibarengi dengan pembatasan pada kendaraan berat di jalan tol. (ulf)

Leave a Comment