BI dan BOT Berbagi Informasi Soal OJK dan DHE

Senin, 25 Maret 2013

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution beserta sejumlah pejabat senior BI melakukan pertemuan bilateral dengan Gubernur Bank of Thailand (BOT), Dr. Prasarn Trairatvorakul, beserta sejumlah pejabat seniornya  Jumat lalu   di Bangkok. Pertemuan diwarnai dengan pertukaran informasi dan pengalaman kedua bank sentral di bidang moneter, perbankan dan sistem pembayaran.

Pertemuan membahas perkembangan perekonomian kedua negara serta implementasi kebijakan moneter dan macro-prudential terutama dalam menghadapi risiko aliran modal di tengah belum pulihnya sektor keuangan global.

Selain itu, dibahas pula mengenai perkembangan sektor perbankan di kedua negara serta pengalaman dalam membangun National Payment Gateway (NPG).

“BI juga memberikan penjelasan kepada BOT terkait rencana pengalihan fungsi pengawasan bank ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Di sisi lain, BI mendalami lebih jauh pengalaman BOT dalam menerapkan ketentuan Devisa Hasil Ekspor (DHE),” Difi Johansyah, Direktur  Hubungan Masyarakat BI menjelaskan, Senin (25/3).

“Untuk mengantisipasi berbagai tantangan ke depan, BI dan BOT menekankan pentingnya koordinasi dan kolaborasi antar otoritas domestik yang memiliki tanggung jawab untuk menjaga stabilitas keuangan. Sejalan dengan upaya ini, BI dan BOT sepakat untuk mempererat ikatan kerjasama antar kedua bank sentral yang diwujudkan dengan saling tukar-menukar informasi,” ungkap Difi.

BI, dia menambahkan,  berupaya untuk menyelenggarakan pertemuan serupa secara berkesinambungan dengan bank sentral lainnya terutama di kawasan ASEAN. (ra)

 

Leave a Reply