BMKG Bantah Ramalan “Babu Kalayil”

Kamis, 9 November 2017

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membantah ramalan “Babu Kalayil” tentang  akan terjadinya   gempabumi dan tsunami besar  yang akan melanda negara-negara di wilayah Asia sebelum Desember 2017. Ramalan itu sempat dilansir oleh beberapa media.

“Ramalan tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah karena cakupan dampak bencana yang disebutkan sangat luas dan sulit diterima dalam konsep ilmu kegempaan (seismologi),” kata  Deputi Bidang Geofisika   BMKG, Dr. Muhamad Sadly, M.Eng., Rabu.

Indonesia, kata Sadly,  merupakan wilayah yang aktif gempabumi dan memiliki potensi gempabumi yang dapat terjadi kapan saja dan dalam berbagai kekuatan.

“BMKG tidak pernah mengeluarkan informasi prediksi gempabumi. Hingga saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi gempabumi dengan tepat (kapan, dimana, dan berapa kekuatannya),” tegasnya.

Dia mengimbau masyarakat  agar tidak terpancing isu yang beredar tersebut. Apabila masyarakat ingin mengetahui lebih jelas terkait gempabumi dan tsunami dapat menghubungi kontak center : 021-6546316 atau www.bmkg.go.id. (rud)

Leave a Comment