BNPB Bentuk Lembaga Sertifikasi Profesi Penanggulangan Bencana

Jumat, 11 April 2014

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membentuk  Lembaga Sertifikasi Profesi Penanggulangan Bencana (LSP PB). Lembaga itu dibentuk  berdasarkan Peraturan Kepala BNPB Nomor 7 Tahun 2014 tanggal 1 April 2014.

LSP PB merupakan lembaga otonom yang bersifat independen,bertanggungjawab kepada Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Lembaga tersebut memiliki fungsi sebagai Sertifikator (sertifikasi kompetensi), sebagai Pengembang (pemeliharaan dan pengembangan standar kompetensi), dan membuat perencanaan asesmen.
“Pendirian lembaga tersebut disiapkan sejak tahun 2012. BNPB bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta BNSP, membentuk Komite dan Tim Perumus Standar Kompetensi Kerja Nasional bidang Penanggulangan Bencana (SKKNI PB), yang dilanjutkan dengan penyelenggaraan workshop Asesor. Workshop telah menghasilkan 42 Asesor berlisensi dari BNSP,” bunyi informasi yang dilansir di laman BNPB, Jumat (11/4).
Lembaga tersebut memiliki susunan sebagai berikut:
  1. Dewan Pengarah (Ketua dan Anggota),
  2. Pelaksana (Ketua, Wakil Ketua, dan Sekretaris yang membawahi Bagian Administrasi, Bagian Keuangan, dan Bagian Kelompok Kerja Teknis dan Asesor), dan
  3. Bidang-bidang (Standarisasi, Sertifikasi, Akreditasi, Mutu, serta Informasi dan Kerjasama).
Masa tugas Dewan Pengarah dan Pelaksana untuk periode pertama adalah 4 tahun dan untuk periode kedua dan seterusnya 3 tahun.  Sumber pembiayaan berasal dari APBN, dana dari peserta uji kompetensi untuk sertifikasi, dan sumber lain yang sah dan tidak mengikat.
“Harapannya paling lambat di tahun 2015 lembaga tersebut sudah dapat melakukan sertifikasi profesi bagi tenaga ahli dan tenaga profesional di bidang penanggulangan bencana, dan  secara bertahap  akan dibentuk LSP-PB regional melalui akreditasi,” demikian BNPB.  (ra)
Artikel Terkait:   Pelaku Pelayaran dan Nelayan agar Waspadai Cuaca Ekstrem

3 thoughts on “BNPB Bentuk Lembaga Sertifikasi Profesi Penanggulangan Bencana”

  1. mohon penjelasan syarat pendaftaran Lembaga Sertifikasi Profesi Penanggulangan Bencana Indonesia . Atas bantuannya saya sampaikan terima kasih.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com