BUMN Didorong Gerakkan Sektor Perikanan

Selasa, 13 Februari 2018

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM-Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mendorong BUMN Perindo dan Perinus untuk menggerakkan sektor perikanan dengan cara  menyerap hasil tangkapan ikan dari para nelayan di berbagai daerah.

“Kami mendorong BUMN, tapi  ternyata tidak mudah didorong,” kata Susi Pudjiasti di Jakarta, Senin (12/2).

Menurut dia, Perindo dan Perinus harus dapat mempercepat akselerasi arahan dari pemerintah karena bila tidak, surplus stok ikan terutama di wilayah timur nusantara tidak akan bisa dimanfaatkan oleh kalangan stakeholders atau pemangku kepentingan nasional.

Jika hal itu yang terjadi, maka bisa kembali ke rezim lama, di mana yang berkuasa adalah mereka yang menginginkan agar kapal-kapal eks-asing kembali melaut seperti zaman dahulu.

Sebelumnya, Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia Risyanto Suanda mengatakan, kebijakan moratorium kapal asing yang ditelurkan KKP selama ini menguntungkan BUMN sektor perikanan nasional.

“Sekarang setelah kapal asing tidak ada, kami masuk ke sana (kawasan perairan) untuk menangkap dan mengumpulkan ikan,” kata Risyanto Suanda di Jakarta, Jumat (19/1).

Menurut Risyanto, dengan adanya kebijakan KKP untuk menghentikan kapal asing pencuri ikan, maka Perum Perindo dapat mengukuhkan kehadirannya di perairan yang dulu dikuasai kapal-kapal asing seperti di Tual (Maluku), Sorong (Papua Barat), dan laut Arafuru. (ki)

Leave a Comment