Cegah Kanker dengan Deteksi Dini

Senin, 5 Maret 2018

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM-Spesialis kanker RS Siloam Semanggi, dr. Jeffrey B Tenggara, SpPD, KHOM., menyatakan bahwa pengobatan paling mudah melawan kanker adalah melakukan pencegahan melalui deteksi dini.

“Meskipun kanker dapat diobati namun dalam prosesnya membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Satu hal yang harus selalu kami ingatkan adalah lakukan deteksi dini dalam periode yang berkesinambungan. Misalnya pencegahan suntik vaksin untuk cegah kanker serviks dan hepatitis,” kata Jeffrey, Minggu (4/3)

Dunia kesehatan di Indonesia mencatat bahwa kanker didominasi oleh penyakit paru, kanker payudara dan kanker serviks. Namun dominasi penyakit-penyakit tersebut dapat diobati dengan presentasi keberhasilan sejumlah 43%.

Menurut dia, manfaat deteksi dini, apabila diketemukan kanker dalam fase stadium lanjut maka tim ahli dapat melakukan penanganan pengobatan secara maksimal.

“Deteksi dini kanker sangat bermanfaat. Apabila diketemukan bakal calon kanker pada tubuh, persiapan pengobatan akan semakin mudah. Beda penanganan apabila pasien datang setelah menderita kanker secara akut,” katanya. (ki)

Artikel Terkait:   Gafatar

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com