Ekonomi Kerakyatan Harus Memberikan Sebesar-besarnya Manfaat Bagi Rakyat

Kamis, 16 November 2017

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM  – Wakil Presiden Jusuf Kalla menjelaskan,  ekonomi kerakyatan adalah sebuah konsep yang luas untuk mencapai tujuan nasional mencapai masyarakat adil dan makmur. Inti dari ekonomi kerakyatan adalah memberikan sebesar-besarnya manfaat bagi masyarakat.

“Cita-cita kebangsaan merupakan kesepakatan bersama, yaitu mencapai masyarakat adil makmur. Kesejahteraan hanya bisa dicapai apabila bangsa ini meningkatkan nilai tambah terus menerus dari semua bidang pokok-pokok produksinya.  Tugas pemerintah adalah bagaimana membuat kebijakan yang adil buat semuanya sehingga tercapai kesejahteraan. Yang sangat penting adalah bagaimana mencapai ekonomi kerakyatan. Ekonomi kerakyatan bukan hanya ekonomi usaha kecil, tetapi juga menyangkut semua manfaat pada masyarakat kita. Karena apabila baik, ekonomi besarpun mendorong ekonomi kerakyatan, apabila ia mempekerjakan puluhan ribu orang, gajinya tinggi.maka tentu juga pendapatan masyarakat akan naik.” jelasnya pada acara Rakernas IV Partai Nasdem di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/11).

Lebih jauh Wapres berpesan bahwa partai memiliki peran penting dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan.

“ Apabila kita berbicara ekonomi kerakyatan adalah bagaimana memberikan semangat kepada rakyat untuk bekerja, semangat rakyat untuk meningkatkan nilai usahanya. Dan Partai mempunyai tugas kebijakan, dan partai dapat menjadi pendamping, dan partai dapat memberikan dorongan,” pesannya, seperti dikutip laman Wakil Presiden.

Dalam sambutannya, Wapres menyampaikan bahwa Rakernas ini merupakan sebuah tempat untuk mengimplementasikan  cita-cita bersama sesuai dengan tujuan yang tercantum dalam Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia.“Kita semua hadir disini demi cita-cita besar yang merupakan cita-cita kita bersama. Apa tujuan dan cita-cita nasional, itu tercantum dalam konstitusi kita, Undang-undang Dasar 1945. Tujuannya adalah bagaimana mencapai kesejahteraan umum, bagaimana mencerdaskan kehidupan bangsa, mendamaikan dunia, dan mencapai masyarakat adil dan makmur,” ucapnya.

Wapres lebih lanjut mengatakan bahwa untuk upaya mecapai cita-cita tersebut tidak terlepas dengan kegiatan ekonomi yang didasarkan pada nilai-nilai demokrasi.

“Semua itu tidak lepas daripada kegiatan-kegiatan ekonomi, semua itu tidak lepas daripada upaya pemerataan agar semua rakyat dapat menikmati hasil. Karena itulah sistem kita adalah demokratis, negara kesatuan, dan pilar daripada demokrasi salah satunya adalah partai.” terangnya.

Wapres juga mengungkapkan bahwa partai politik memiliki peran penting untuk menopang pemerintah dan menjaga nilai-nilai demokratis tetap berjalan.

“Pemerintah tidak akan berdiri tegak tanpa partai yang menopangnya. Demokrasi tidak berjalan apabila tidak ada partai yang mewakili rakyatnya, konstituennya. Karena itulah maka partai haruslah betul-betul mencapai tujuannya dengan cara demokratis. Dan demokratis itu hanya bisa tercapai apabila anggota masyarakat percaya pada partainya,” ungkapnya.

 

Di akhir sambutannya, Wapres menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat atas terselenggaranya Rakernas IV Partai Nasdem yang juga sekaligus peringatan hari ulang tahun ke-6 Partai Nasdem.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh beserta jajaran pengurus DPP Partai Nasdem.

Di acara tersebut Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah Syahrul Udjud, dan  Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Komunikasi dan Informasi Husein Abdulah. (ray)

Leave a Comment