Gempa 6,4 SR Guncang Banten, Tak Berpotensi Tsunami

Selasa, 23 Januari 2018

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM –  Gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang wilayah Banten, Selasa (23/1) jam   13:34:53 WIB. Koordinat gempa pada 7,23 LS dan 105,9 BT,  tepatnya berlokasi di laut pada jarak 43 km arah selatan Kota Muarabinuangeun, Kabupaten Cilangkahan, Propinsi Banten pada kedalaman 61 km.

“Gempa tidak berpotensi tsunami,”   bunyi keterangan resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (23/1). 

Getaran gempa terasa hingga Jakarta dan sempat membuat panik  masyarakat. Karyawan yang berkantor di gedung tinggi   berhamburan keluar menyelamatkan diri. Setelah 20-30 menit menenangkan diri, mereka kembali ke ruang kerja masing-masing.

Tak hanya di Jakarta, guncangan   gempa sekitar  10 detik  juga  dirasakan  di Tangerang Selatan, Bogor. Di  Banten, gempa dirasakan sangat kuat menyebabkan kepanikan.   Di Kabupaten Sukabumi dirasakan kuat 10 detik. Di  Kabupaten   Kebumen terasa kuat 5 detik, masyarakat panik.  Begitu pula di Kabupaten   Pangandaran dirasakan cukup kuat selama 10 detik.

Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) PB BNPB masih terus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten sekitarnya untuk pendataan dampak gempa.

“Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” demikian BNPB. (rud)

Leave a Comment

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com