Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu dikelilingi hamparan alluvial dengan batuan unik dan pemandangan yang indah. Selain itu, pantainya yang keren mempunyai ombak yang disukai para surfer. Pantai Cimaja yang berada di Kawasan geopark sering terpilih sebagai lokasi lomba surfing berskala internasional.

Artikel Terkait:   Ini Kritik Jokowi untuk SMK di Indonesia

Gunung Rinjani (3.726 m) merupakan gunung vulkanik tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci (3.800 m) , dan merupakan salah satu dari tiga gunung api aktif di Nusa Tenggara Barat yang terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Pulau Lombok. Jadi Geopark Rinjani juga memiliki potensi wisata yang tidak kalah indahnya.

Geopark Rinjani terdiri dari kawasan pantai, laut,  gunung RInjani, hutan dan dikelola beberapa organisasi/ lembaga. Keanekaragaman hayati yang meliputi berbagai tipe vegetasi hutan, antara lain: vegetasi hutan savana, hutan hujan dataran rendah dan hutan hujan pegunungan. Warisan Budaya yang terdapat di Kawasan Geopark Rinjani mencakup budaya masa kini yang dilakukan pada masa modern dan masa lalu yang dilakukan pada masa pra-sejarah.

Geopark dalam konsep pembangunan berkelanjutan memiliki tujuan mulia yaitu merubah pola pikir (mindset) pemanfaatan sumber daya alam khususnya warisan geologi yang selama ini baru dimanfaatkan melalui kegiatan ekstraktif yang diubah menjadi upaya konservasi untuk meningkatkan perekonomian lokal maupun regional.

Konsep geopark adalah menyatukan perlindungan warisan geologi ke dalam strategi pengembangan sosiobudaya dan ekonomi yang harmonis dengan konservasi lingkungan alam. Sebuah kawasan dapat dikatakan geopark ketika mempunyai unsur atau nilai warisan geologi, keanekaragaman hayati dan warisan budaya.

Konsep geopark tersebut dirasakan sangat cocok untuk dikembangkan sebagai bagian dari pariwisata yang lestari dan berkelanjutan, terbukti dengan perkembangan yang cukup pesat di Indonesia dibandingkan dengan negara – negara asia tenggara lainnya. Hingga saat ini, Indonesia memiliki 4 kawasan UGGp (Batur, Gunung Sewu, Rinjani dan Palabuhan-ratu) dan 7  kawasan Geopark Nasional (Merangin Jambi, Kaldera Toba, Pulau Belitong, Raja Ampat, Tambora, Maros-Pangkep dan Bojonegoro ), serta setidaknya terdapat  80 kawasan yang dapat dijadikan geopark nasional karena mempunyai potensi warisan geologi. (ray)

Artikel Terkait:   Pemeriksaan Dini untuk Pegawai Pajak yang Diduga Melakukan Tindak Pidana