Indonesia Perkecil Selisih Ekspor-impor dengan China

Jumat, 9 Maret 2018

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM-Indonesia berhasil menekan defisit/ selisih ekspor dan impor dengan China sepanjang tahun 2017 dengan nilai yang cukup signifikan, yaitu US$ 6,35 miliar

Atase Perdagangan Kedutaan Besar RI di Beijing, Dandy S Iswara, Jumat (9/3), menjelaskan pada tahun lalu nilai ekspor Indonesia ke China mencapai US$ 28,50 miliar, sedangkan impornya US$ 34,85 miliar. “Angka selisih itu sebagaimana data yang diumumkan Bea Cukai China,” kata Dandy.

Selisih yang terjadi pada tahun itu jauh lebih rendah dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya, yakni sebesar US$ 14,55 miliar pada 2015 dan US$ 11,57 miliar pada 2016.

Menurut dia, makin kecilnya selisih ekspor-impor tersebut sebagai suatu keberhasilan pemerintah Indonesia dalam menekan China untuk menyeimbangkan neraca perdagangan. “Kami optimistis pada tahun-tahun mendatang selisih ekspor-impor Indonesia terus berkurang,” ujarnya.

Pada tahun ini saja pemerintah China mengeluarkan kebijakan untuk membuka keran impor manggis dari Indonesia yang selama tiga tahun sebelumnya sempat ditutup.

China juga memberikan kesempatan Indonesia untuk mengekspor nanas. Demikian pula daratan Tiongkok juga membutuhkan lebih banyak lagi sarang burung dan kelapa sawit dari Indonesia. (uki)

Leave a Comment

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com