Ini Syarat Bank untuk Bisa Lakukan Kegiatan Trust

 

Rabu, 12 Desember 2012

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Bank Indonesia menetapkan  sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi Bank agar bisa  melakukan kegiatan  Trust. Yakni,  berbadan hukum Indonesia; merupakan bank devisa  dengan modal inti  paling sedikit Rp  5 triliun;  rasio  Kewajiban Penyediaan Modal  Minimum paling rendah  13% selama 18 bulan terakhir berturut-turut.

Selanjutnya, memiliki tingkat kesehatan bank paling rendah Peringkat Komposit 2  pada periode  penilaian  dalam 12 bulan terakhir secara berturut-turut; dan paling rendah Peringkat Komposit 3 pada periode penilaian dalam  6 bulan sebelum periode penilaian dalam 12 bulan terakhir.

Syarat lainnya,  mencantumkan rencana kegiatan Trust  dalam Rencana Bisnis  Bank; dan memiliki kapasitas  untuk melakukan kegiatan Trust  berdasarkan hasil penilaian BI.

Trust adalah  kegiatan penitipan dengan pengelolaan atas  harta milik  settler  berdasarkan perjanjian  tertulis  antara Bank  sebagai trustee (pengelola harta Trust)  dengan settler (penitip harta Trust) untuk kepentingan beneficiary (penerima manfaat).

Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 14/17/PBI/2012 menegaskan, selama melakukan kegiatan Trust, Bank  wajib memenuhi  modal inti paling sedikit Rp 5 triliun; rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum paling rendah 13%; dan tingkat kesehatan bank paling rendah  Peringkat  Komposit 2.

Selain Bank,  kantor cabang dari bank yang berkedudukan di luar negeri dapat melakukan kegiatan Trust. Syaratnya, antara lain, memiliki  Capital Equivalency  Maintained Assets (CEMA)  minimum dengan perhitungan sesuai   ketentuan yang berlaku dan paling sedikit sebesar Rp  5 triliun; dan memenuhi  persyaratan   berbadan hukum Indonesia   paling  lambat 3 tahun  terhitung 23 November 2012.

Selama melakukan kegiatan  Trust, kantor cabang dari bank yang berkedudukan di luar negeri wajib memenuhi  sejumlah persyaratan. Yakni, CEMA  minimum dengan perhitungan sesuai ketentuan yang berlaku dan paling sedikit Rp 5 triliun; rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum paling rendah 13%; dan tingkat kesehatan bank  paling rendah  Peringkat Komposit 2.

Jika persyaratan itu  tak terpenuhi, Bank atau kantor cabang  dari  bank yang berkedudukan di  luar negeri  dilarang membuat perjanjian Trust baru.

Selain itu, mereka wajib mengembalikan harta Trust kepada Settlor  atau mengalihkan  harta Trust kepada Trustee pengganti  yang ditunjuk oleh Settlor sesuai dengan perjanjian  Trust bila Trustee  tidak dapat memenuhi persyaratan.

Dalam PBI itu bank sentral  juga mewajibkan  Bank memiliki kebijakan  terkait sumber daya manusia  yang mengelola unit kerja Trustee.

Dalam  menetapkan kebijakan sumber daya manusia (SDM)   pada unit kerja Trustee, Bank tetap berpedoman pada ketentuan BI yang  mengatur  mengenai  prinsip  kehati-hatian  bagi Bank yang melakukan penyerahan sebagian  pelaksanaan  pekerjaan kepada pihak lain.

Komposisisi  jumlah SDM  unit kerja  Trustee paling sedikit 50%  merupakan pegawai Bank  dan berkewarganegaraan Indonesia.

Mayoritas pimpinan unit kerja Trustee dan pejabat satu tingkat di bawah pimpinan unit kerja Trustee  merupakan   pegawai Bank dan  berkewarganegaraan  Indonesia. (ra)

 

 

Leave a Reply