Inilah Target Inflasi 2013, 2014 dan 2015

 

Senin, 21 Mei 2012

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM –   Pemerintah menetapkan  sasaran inflasi untuk 2013, 2014, dan 2015, masing-masing sebesar 4,5%; 4,5%; dan 4%  dengan deviasi  sekitar 1%.

Target tersebut ditetapkan  dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 66/PMK.011/2012.

“Penetapan  sasaran inflasi tersebut  menunjukkan  komitmen    yang kuat  dari pemerintah  dan Bank Indonesia  untuk menjaga stabilitas  harga dalam jangka pendek  dan mendukung peningkatan daya saing ekonomi  melalui penurunan tingkat inflasi  nasional secara  bertahap  dalam jangka menengah  – panjang,” demikian keterangan resmi Kementerian Keuangan, belum lama berselang.

Tren  penurunan inflasi  dalam beberapa tahun terakhir ini merupakan momentum yang tepat untuk terus diarahkan pada sasaran jangka menengah sebesar 4%.

Penurunan inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK)  tersebut, antara lain,  karena terkendalinya inflasi inti yang didukung oleh keberhasilan  dalam pengelolaan  stabilitas makro sebagaimana tercermin  pada kondisi moneter dan fiskal yang terjaga  dengan baik sehingga mampu mengarahkan  ekspektasi inflasi pada tingkat yang cukup rendah.

Selain itu, kondisi ini juga didukung oleh membaiknya  sisi penawaran yang dapat mengimbangi  peningkatan di sisi perminataan  sehingga tidak menimbulkan  tekanan inflasi  secara berlebihan, serta distribusi  yang semakin membaik.

“Ke depan, Bank Indonesia beserta  pemerintah berkomitmen  untuk terus  mempertahankan  stabilitas harga di tengah  berbagai risiko  tekanan inflasi  yang, antara lain, bersumber   dari ketidakpastian perekonomian  global  sehingga berdampak  pada gejolak  harga energi dan komoditas pangan global,” Kementerian  Keuangan  menyatakan. (ra)