Jembatan Babat Ambruk, Dua Orang Tewas

Selasa, 17 April 2018

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Jembatan Nasional yang menghubungkan Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Tuban, Jawa Timur, yaitu Jembatan Babat ambruk dan patah. Pada peristiwa itu, tercatat tiga truk pengangkut pasir terperosok dan satu sepeda motor tercebur ke dalam sungai Bangawan Solo.

Dilaporkan ada lima korban jiwa yang terperangkap menyusul peristiwa ambruknya jembatan nasional tersebut. Dari lima korban tersebut dipastikan dua tewas, dua alami luka berat, dan satu lagi hilang atau terperangkap di dalam badan truk.

Peristiwa ambruknya jembatan tersebut terjadi pada pukul 10.48 WIB, saat kendaraan berat truk berisi pasir berada pada titik yang sama di atas jembatan tersebut. Diduga ambruknya jembatan tersebut, disebabkan oleh tuanya usia jembatan, ditambah berlebihnya muatan kendaraan yang melawati jalur tersebut.

Jembatan yang dibuat sejak 1980-an tersebut, terlihat memiliki baut-baut yang sudah tua, sehingga AS dari jembatan tersebut patah. Selain itu, berdasarkan pantauan tvOne di lapangan terlihat sejumlah rangka jembatan kropos.

Saat ini, ketiga truk yang terperosok tersebut belum bisa dilakukan evakuasi, karena harus menunggu crane yang berasal dari Surabaya. Sementara itu, untuk sepeda motor sudah berhasil di evakuasi.  Evakuasi truk diperkirakan baru akan dilakukan pukul 15.00 wib nanti.

Pada hari ini juga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengirimkan tim untuk menginvestigasi ambruknya jembatan Babat. “Sudah kami kirim (tim),” kata Kepala Biro Humas Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) Endra Saleh Atmawidjaja, demikian dikutip viva.co.id. (au)

Leave a Comment

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com