Jonan: Tenggat Waktu Rancangan Energi Daerah Selesai 2017

Kamis, 12 Oktober 2017

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Dewan Energi Nasional mendesak sinkronisasi Rancangan Umum Energi Daerah (RUED) dengan Rancangan Umum Energi Nasional (RUEN) harus diselesaikan sebelum 2018. Pasalnya, tahun depan sudah memasuki tahun politik.

Demikian dikatakan anggota Dewan Energi Nasional (DEN), Syamsir Abduh, yang mengutip pernyataan Ketua Harian DEN, Ignasius Jonan, dalam sidang ke-23 DEN yang digelar di Jakarta,  hari ini.

Untuk itu, Syamsir mengimbau beberapa provinsi yang belum menyelesaikan RUED, untuk segera diselesaikan akhir tahun ini. “Ketua harian mengatakan bahwa sebelum awal tahun depan RUED itu sudah selesai, mengingat 2018 ada pemilu serentak, masing-masing provinsi melakukan itu dan akhirnya itu tidak dimanfaatkan dengan baik,” kata Syamsir di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, hari ini.

Syamsir mengatakan, dalam penyusunan RUED yang dilakukan masing-masing provinsi haruslah sesuai dengan kondisi dan tantangan kebutuhan energi di masing-masing daerah. Diharapkan, para pemangku kepentingan di daerah tidak hanya mencontek persis Rancangan Umum Energi Nasional (RUEN).

“Jadi, harus menyusun semacam model atau template, dilakukan berdasarkan informasi yang ada, apa tantangan yang harus dihadapi, ada beberapa ruang yang perlu dibetulkan, jangan meng-copy persis RUEN,” katanya menegaskan.

Sejauh ini, Syamsir menyebutkan, sebanyak sembilan provinsi telah menyusun RUED, seperti provinsi Papua dan Papua Barat. “Sembilan provinsi ini sudah antusias,” katanya menuturkan. (au)

Leave a Comment