Kemenperin-Himbara Salurkan Modal untuk IKM

Rabu, 6 Desember 2017

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM-Kementerian Perindustrian bekerjasama dengan Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) untuk mendukung program penyaluran modal Industri Kecil dan Menengah (IKM) melalui Program e-Smart IKM.

” Kita selama ini baru kerja sama dengan BNI, nah kedepan kita sama Himbara,” kata Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih di Jakarta, Selasa (5/12).

Kerja sama tersebut akan dituangkan dalam penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama di tingkat menteri, yakni Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri BUMN Rini Soemarmo.”Sekarang draf MoU sedang kami proses. Target ke depan Himbara, bahkan BCA kita ajak kerja sama,” tukas Gati.

Menurut Gati, perbankan BUMN tersebut merespons baik rencana untuk mendukung pembiayaan IKM ini, sehingga nantinya kerja sama tersebut diharapkan dapat berjalan lancar.

“Respons mereka bagus, karena mereka meluaskan pasarnya, resminya kita masih tahap penyusunan MoU,” pungkas Gati.

Kendati demikian, Kemenperin tidak akan memberikan rekomendasi kelaikan sebuah IKM untuk mendapatkan kredit dari bank tertentu.

Namun, Kemenperin akan memberikan data IKM mana saja yang telah mengikuti lokakarya terkait e-Smart IKM yang diselenggarakan Ditjen IKM Kemenperin.

“Kita tidak rekomendasi. Kita lepas ke pasar, kita kasih tahu  kita mau latih ini orang loh, mereka pilih yang ini yang ini belum visibel, yang ini ini sudah, nanti bank sendiri yang menentukan,” ungkapnya. (sr)

Leave a Comment