Kondisi Pasar Jadi Daya Tarik Asing Inves di Indonesia

Rabu, 14  Februari 2018

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM- Potensi pertumbuhan dan kondisi pasar domestik kerap menjadi alasan utama bagi investor asing menanamkan modalnya di Indonesia, di samping upah tenaga kerja yang kompetitif serta ketersediaan rantai pasokan untuk industri perakitan.

Karena  itu, demikian Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto,  pihaknya tengah berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan untuk merevisi aturan mengenai fasiitas pengurangan Pajak Penghasilan (PPh) badan atau tax allowance dalam rangka mengakomodasi industri manufaktur dan mendorong masuknya investasi.

“Targetnya, rumusan revisi aturan ini bisa diselesaikan akhir bulan ini,” kata Airlangga, Selasa (13/2).

Menurut  dia, terdapat tiga poin utama mengenai revisi aturan tax allowance yang kini tengah diperjuangkan oleh Kemenperin. Pertama, Kemenperin ingin agar perusahaan yang sudah berdiri di Indonesia (existing) bisa mendapatkan tax allowance jika mereka melakukan ekspansi usaha, sembari mengindahkan pertimbangan jumlah tenaga kerja yang terserap untuk sektor industri padat karya.

Kedua, pemberian tax allowance sebesar 200%  bagi industri yang mengembangkan pendidikan vokasi.

Dan, poin ketiga adalah pemberian fasilitas tax allowance sebesar 300%  bagi perusahaan yang aktif dalam kegiatan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). (ki)

 

Leave a Comment