Kritik Hipmi: Kue Pembangunan tak Menetes di Daerah

Rabu, 7 Maret 2018

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Pemerintah gencar membangun infrastruktur di berbagai daerah. Namun, dua anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) dalam Rapat Pimpinan Nasional Hipmi, melontarkan kritik kepada Presiden Joko Widodo, yang hadiri dalam acara tersebut yang diselenggarakan di Hotel Novotel Tangerang, Banten

Kedua pengusaha itu adalah Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) Hipmi Sumatera Utara, Reza Pranata, dan Ketua BPD Hipmi Papua Barat Adriana Imelda Daat.

Awalnya, Reza mengapresiasi adanya pembangunan jalan tol baru yang telah selesai sepanjang 52 kilometer di Sumatera Utara. Namun, tidak ada satu pun pengusaha lokal yang terlibat di proyek itu.

“Kami pengusaha lokal, hanya menonton saja bapak Presiden,” kata Reza, seperti dikutip viva.co.id.

Reza meminta Jokowi untuk mempertimbangkan pelibatan pengusaha-pengusaha asli Sumatera Utara untuk mengerjakan 80 kilometer sisanya. Sementara itu, sama dengan Reza, Adriana juga awalnya memuji masifnya pembangunan infrastruktur di Papua dan Papua Barat di masa pemerintahan Jokowi.

Meski demikian, Adriana menyampaikan, laju pertumbuhan ekonomi di sana masih tersendat. Adriana menuding, ketiadaan peran pengusaha lokal dalam proyek-proyek itu sebagai sebabnya.

“Kami mohon perhatian bapak untuk kami, karena kami adalah bagian dari bangsa yang besar ini,” kata Adriana menegaskan.

Menjawab hal itu, Presiden Jokowi berjanji melibatkan pengusaha lokal dalam proyek-proyek infrastruktur selanjutnya. Namun, pertama-tama Jokowi meminta kedua pengusaha yang melontarkan usulan itu untuk bertemu langsung dengannya dulu di Istana Negara.

“Kita akan berbicara saja nanti di Istana, agar ruang-ruang yang ada bisa dinikmati juga oleh pengusaha di daerah,” kata Jokowi menandaskan. (au)

Artikel Terkait:   2012, 21 Juta Penduduk Indonesia Menderita Kelaparan

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com