Kuntoro Mangkusubroto Pimpin Satgas REDD+

Selasa, 12 Oktober 2010

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Pemerintah membentuk   Satuan Tugas (Satgas) Persiapan Pembentukan  Kelembagaan   REDD+ (Satgas REDD+),  yang berada di bawah dan bertanggungjawab langsung kepada Presiden.

Keputusan itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2010.

Satgas itu dipimpin  oleh Kuntoro Mangkusubroto dan Sekretaris   Heru Prasetyo. Sementara anggotanya   terdiri dari   Anny Ratnawati,   Lukita Dinarsyah  Tuwo,  Joyo  Winoto,  Hadi Daryanto,  Masnellyarti Hillman,  M. Iman Santoso,   Agus Purnomo,   dan Nirarta  Samadhi.

Dalam Keppres  yang berlaku  mulai  20 September 2010 dijelaskan, Satgas REDD+  bertugas melaksanakan   kegiatan persiapan  untuk implementasi  Surat Niat  dengan Pemerintah Norwegia. Antara lain,  memastikan penyusunan strategi nasional   REDD+ dan rencana aksi  nasional pengurangan  gas rumah kaca; mempersiapkan  pendirian  lembaga REDD+;  serta  menyiapkan instrumen  dan  mekanisme   pendanaan.

Satgas REDD+ diberi sejumlah kewenangan.  Antara lain, pertama,   mengoordinasikan   upaya tindak lanjut  yang dilaksanakan oleh   kementerian / lembaga  dan pemerintah daerah terkait.

Kedua,  menetapkan strategi, pengembangan kebijakan dan penentuan  prioritas,   serta memonitor  pelaksanaan   keputusan terkait  implementasi  Surat Niat  dengan Pemerintah Norwegia.

Ketiga, menerima,   mengelola,  menggunakan  dan mengoordinasikan  bantuan  internasional,  baik berupa dana maupun  bantuan  lainnya  sesuai    peraturan perundang-undangan.

Ditegaskan pula dalam Keppres itu bahwa Satgas REDD+  secara bulanan   atau sewaktu-waktu  melaporkan  perkembangan  pelaksanaan  tugasnya kepada Presiden.

Satgas itu  harus menyelesaikan  tugasnya paling lambat  31 Desember 2010, atau  dapat  diperpanjang  hingga 30  Juni 2011. (ra)

Leave a Comment

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com