Manfaatkan Kunjungan Presiden Myanmar, Indonesia Jajaki Peluang Investasi

Kamis, 5 Mei 2011

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Indonesia kembali kedatangan tamu negara.  Presiden Republik Uni Myanmar, Y.M. U Thein Sein  melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia, Kamis (5/5).

Menurut Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah, kunjungan kenegaraan ini mencerminkan eratnya hubungan antara Indonesia dan Myanmar.

“ Kunjungan kenegaraan ini merupakan kunjungan kenegaraan pertama yang dilakukan oleh Presiden Myanmar, Yang Mulia U Thein Sein, setelah terpilih menjadi Presiden dan Pemerintah Myanmar telah sukses melaksanakan 7 tahapan dalam Roadmap to Democracy-nya,” Faizasyah menjelaskan, Kamis (5/5).

Dia menambahkan, kesempatan pertemuan bilateral juga akan dimanfaatkan untuk menjajaki peluang investasi Indonesia di Myanmar, khususnya di sektor energi dan dan pengembangan kerja sama di sektor pertanian.

“Kedua bidang kerja sama ini sejalan dengan prioritas Indonesia di bidang ketahanan energi dan pangan,” katanya.

Setelah  kunjungan    Presiden Myanmar, tamu negara lainnya yang akan datang  adalah  Perdana Menteri Republik Demokratik Rakyat Laos, Y.M. Thongsing Thammavong, Senin (9/5).

Teuku Faizasyah menyatakan,  peningkatan kerja sama Indonesia-Laos merupakan tujuan penting yang akan dibahas  dalam pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
“Khusus terkait kerja sama bidang ekonomi, kedua negara berkeinginan untuk meningkatkan perdagangan. Indonesia juga akan membicarakan kerja sama yang dapat diberikan (capacity building), khususnya dalam pengembangan sektor pertanian Laos,” ungkapnya.

Rangkaian acara kunjungan kenegaraan dan kunjungan resmi  kedua  pemimpin negara sahabat tersebut akan diawali dengan melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Yudhoyono, dan dilanjutkan dengan pertemuan bilateral disertai delegasi masing-masing negara.

Dalam kunjungan kenegaraan   akan dibicarakan berbagai isu bilateral terkait peningkatan kerja sama di bidang politik dan keamanan, ekonomi, sosial dan budaya, dan lainnya.

Selain itu, akan dibicarakan juga isu-isu regional seperti Keketuaan Indonesia di ASEAN dan East Asia Summit.

Untuk menghormati kunjungan kenegaraan dan kunjungan resmi tersebut, Presiden Yudhoyono akan menjamu Presiden Myanmar dan Perdana Menteri Laos dalam jamuan santap malam kenegaraan terpisah.

Dalam rangkaian kunjungan kenegaraannya Presiden Myanmar dan PM Laos direncanakan akan meletakan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata. (ra)

Leave a Comment