Masih Ada 54 Titik Api di Riau

Kamis, 27  Juni 2013

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Operasi pemadaman kebakaran lahan di Riau hingga Rabu (26/6)  sore telah menurunkan jumlah titik api dari 265 menjadi 54 titik api. Tim Satuan Tugas  (Satgas) Penanggulangan Bencana Asap telah  melakukan water bombing dengan menggunakan helikopter, serta melakukan penyemaian garam menggunakan 1 pesawat Cessna, 1  pesawat Hercules dan pesawat Bolco dari BPPT.

Sementara itu, Satgas operasi darat yang dipimpin oleh Kepala Staf Korem  031 Wirabima Pekanbaru melakukan pemadaman di darat bersama TNI, POLRI, Masyarakat Peduli Api (MPA), TRC,  Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Kabupaten/ Kota, Manggala Agni, dan organisasi lainnya.

“Saat ini tim telah berhasil memadamkan sekitar 1.000 ha lahan yang terbakar,” Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, Kamis (27/6).

Menurut Komandan Pangkalan Udara (Lanud) Pekanbaru Kolonel Pnb, Andyawan, pelaksanaan penerbangan survei dan seeding/ penyemaian dan water bombing/droping,  Kamis (27/6), dilaksanakan di wilayah Riau pada pukul 10.30 – 12.30 menggunakan helicopter PK-TLH.
Kemudian   13.00 – 15.00 menggunakan Hercules A-1323, dan dilanjutkan pada  15.00 – 16.30 dengan menggunakan Helicopter PK-TLH.
Andyawan menjelaskan, realisasi penyemaian dan water bombing, Rabu (26/6), dilakukan di wilayah Bengkalis dan Rokan dengan menggunakan Hercules 1323, kemudian di wilayah Palelawan, Kuantan Singingi dan perbatasan Kabupaten Kampar dengan menggunakan Helicopter PK-TLH.
Selanjutnya di wilayah Bengkalis, barat dan barat laut Dumai menggunakan Hercules 1323.
Sementara itu, Kepala  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Sri Woro B. Hardijanto,  menjelaskan, trajectory asap kebakaran lahan dan hutan di provinsi Riau  pada 27 -28 Juni 2013 lokasi kebakaran terdapat di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis dan kecamatan Tempuling, Kabupaten Rokanhulu.
“Trajectory massa asap kebakaran hutan sebagian besar bergerak ke arah tenggara sampai dengan barat,” kata Woro.  (ra)

Leave a Comment