Mei dan Agustus, Ekspektasi terhadap Tekanan Harga Menurun

Jumat, 11 April 2014

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Hasil Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia bulan Februari 2014 mengindikasikan bahwa ekspektasi terhadap tekanan harga pada 3 bulan (Mei) dan 6 bulan  (Agustus) mendatang akan menurun.

Indikasi ini tercermin pada Indeks Ekspektasi Harga 3 bulan mendatang yang tercatat sebesar 147,0, lebih rendah dibandingkan dengan indeks pada bulan sebelumnya yang sebesar 168,9.

“Hal serupa terjadi pada Indeks Ekspektasi Harga 6 bulan mendatang yang menurun menjadi 143,1 dari 158,9 pada bulan sebelumnya,” bunyi  informasi yang dilansir di laman Bank Indonesia, Kamis.

Hasil survei tersebut  menunjukkan  juga melambatnya penjualan eceran. Hal ini tercermin dari pertumbuhan tahunan Indeks Penjualan Riil (IPR) Februari 2014, yang melambat menjadi 21,2% (yoy) dari 24,8% (yoy) pada Januari 2014.

Perlambatan pertumbuhan IPR terutama didorong oleh melemahnya permintaan pada kelompok peralatan informasi dan komunikasi serta kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya.

Dari 10 kota yang disurvei, perlambatan terjadi di hampir seluruh kota, kecuali Kota Banjarmasin. Namun demikian, survei juga menunjukkan penjualan eceran diperkirakan kembali menguat pada Maret 2014, tercermin pada IPR yang diperkirakan tumbuh 24,2% (yoy). (ra)

Leave a Comment