OPEC akan Terus Pangkas Produksi Minyak

Selasa, 5 Desember 2017

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM-Menteri Energi Arab Saudi Khaled al Faleh mengatakan,  negara-negara produsen minyak kemungkinan akan mulai membahas kenaikan produksi pada Juni tahun depan, meski OPEC akan terus memangkas produksi hingga banjir pasokan di pasar dunia berkurang.

OPEC dan para mitranya pada pekan lalu sepakat untuk memangkas produksi sepanjang 2018.Langkah ini sebagai strategi yang ditujukan demi mengurangi banjir pasokan di pasar dunia yang menyebabkan harga minyak merosot dan negara-negara produsen mengalami defisit anggaran.

“Kami tidak akan mengubah arah kebijakan kami pada semester kedua tahun ini,” ujar Faleh kepada awak media di Riyadh usai bertemu dengan Menteri Energi Amerika Serikat Rick Perry, Senin (4/12).

“Namun, prospek mengenai kapan pasar akan kembali seimbang bakal lebih jelas pada Juni mendatang dan kami akan mulai membahas langkah ke depan pada 2019.”

“Tujuannya bukan untuk… membanjiri pasar.”

Negara-negara pemasok minyak utama dunia sepakat pada pekan lalu untuk mempertahankan pembatasan produksi sebanyak 1,8 juta barel per hari, demikian laporan AFP.  (sr)

Leave a Comment