Pembentukan Penjaga Pantai dan Laut Indonesia Dipercepat

 

 

Selasa,   13 Desember 2011

Dumai, MINDCOMMONLINE.COM –  Wakil Presiden Boediono menyatakan, percepatan pembentukan Indonesian Sea and Cost Guard  harus menjadi perhatian pihak-pihak terkait karena permasalahan keamanan laut memang sudah menjadi masalah urgent yang harus segera diatasi.

 

Menurut Wapres, masalah keamanan laut dan pantai, yang sekarang masih dikelola secara sektoral oleh berbagai instansi, perlu segera  disinergikan.

“Semua pihak terkait ini diharapkan dapat duduk bersama agar pembentukan badan tersebut dapat secepatnya terwujud,” katanya dalam sambutan pada peringatan Hari Nusantara XII Tahun 2011 di Dumai, Selasa (13/12).

Pada kesempatan itu,  Boediono  menggugah kesadaran, tekad dan semangat  rakyat Indonesia  untuk melihat laut sebagai masa depan bangsa.

“ Kita adalah bangsa bahari dan Indonesia adalah negara maritim. Mari kita tempatkan wilayah laut kita sebagai fokus untuk kita dengan sungguh-sungguh kembangkan, karena disanalah kemakmuran dan kesejahteraan bangsa Indonesia di masa datang akan kita wujudkan,” Wapres mengingatkan.

 

Untuk mewujudkan impian tersebut, dia melanjutkan,  prasyarat yang tidak boleh  diabaikan adalah membangun dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai  Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berwawasan Nusantara.

“Mari kita jadikan Peringatan Hari Nusantara ini sebagai momentum kebangkitan nasional untuk kita perkokoh hubungan antar elemen bangsa yang mengutamakan kepentingan nasional di atas kepentingan masing-masing suku, ras dan golongan,” ajaknya.

Wapres menambahkan, peningkatan kemampuan pertahanan negara diperlukan untuk mampu mengawal kedaulatan negara dan keutuhan wilayah NKRI. Konsekuensi terhadap wilayah yang sangat luas, terutama wilayah perairan yang mencapai hampir 6 juta kilometer persegi, tersebut menuntut  perubahan  cara pandang yang semula berbasis daratan menjadi lebih berorientasi pada kelautan.

 

“Dengan wilayah yang sangat luas yang kita miliki serta perubahan orientasi tersebut kita memerlukan kemampuan maritim yang kuat,” ucapnya.

Wapres menilai, armada maritim yang bertumpukan pada sistem transportasi antarpulau yang efisien dan andal harus  di bangun untuk memperkokoh kesatuan ekonomi nasional, ekonomi yang menyatukan kepulauan-kepulauan kita menjadi satu kekuatan ekonomi yang kokoh.

“Kapabilitas pertahanan yang kuat dan andal diperlukan untuk mengamankan sumber kekayaan laut dan wilayah laut kita dari berbagai tindakan yang selama ini merugikan bangsa Indonesia seperti illegal fishing, smuggling, dan trafficking,” demikian Wapres Boediono. (ra)

 

 

Leave a Comment