Pemerintah Siapkan Dana Rp 70 Miliar untuk Mudik Gratis

Jumat, 13April 2018

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM РMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kementeriannya siap mengganggarkan Rp70 miliar untuk mendanai mudik gratis Lebaran 2018.

“Jadi kira-kira ada Rp 60 miliar sampai Rp 70 miliar yang dianggarkan untuk mudik gratis,” kata Budi, usai rakor persiapan angkutan Lebaran di Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, hari ini.

Anggaran itu disiapkan berasal dari tiga ditjen. Pertama, anggaran itu terdiri dari mudik gratis darat dari Ditjen Perhubungan Darat sebesar Rp 35 miliar; kedua, mudik gratis kereta api dari Ditjen KA sebesar Rp 20 miliar; dan ketiga, mudik gratis laut dari Ditjen Laut sebesar Rp10 miliar. Selain itu, akumulasi dari anggaran-anggaran program mudik gratis lain.

Menurut Budi, anggaran besar disiapkan karena pemerintah ingin menekan jumlah pemudik dengan kendaraan pribadi. Peristiwa kecelakaan yang diakibatkan oleh pemudik yang menggunakan sepeda motor hingga mobil 1.000 cc terbukti tinggi.

“Kami bersama Polri selalu menganjurkan kalau suatu perjalanan jauh, apalagi mudik dengan jumlah jarak yang tinggi, kami tidak menganjurkan menggunakan kendaraan-kendaraan kecil,” kata Budi menegaskan.

Lebih lanjut, Budi menyampaikan, animo masyarakat terhadap program tahunan itu selalu tinggi. Saat ini, kuota untuk mudik gratis kereta api, ditambah pengangkutan sepeda motor, sudah habis 100 persen.

Sementara, mudik gratis jalur darat lewat bus sudah habis 50 persen, dan mudik gratis jalur laut sudah mencapai 40 persen. “Kami buka pendaftarannya di banyak tempat. Di bawah (Gedung Kemenhub), dan tempat-tempat lain,” kata Menhub menambahkan. (au)

Leave a Comment

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com