Perilaku Belanja Masyarakat Berubah, Konsumsi RT Menurun

Selasa, 8 Mei 2018

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM-Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan saat ini konsumsi rumah tangga (RT) tidak lagi berada pada kisaran 5%  karena terkena dampak perubahan pola perilaku belanja masyarakat.

“Sekarang turun menjadi 4,95%, dan memang levelnya sekitar itu, jangan diharapkan lagi seperti 2010 atau 2011,” kata Darmin di Jakarta, Senin (7/5) malam.
Menurut dia, kebiasaan masyarakat saat ini lebih suka berinvestasi atau membelanjakan uang untuk kepentingan wisata, bukan lagi menghabiskan dana untuk keperluan primer.

“Kebiasaan masyarakat mulai agak menahan konsumsi, tapi dia menabung karena mau jalan-jalan. Itu yang membuat pertumbuhan konsumsi secara reguler tidak seperti dulu lagi,” ujarnya.

Untuk itu, Darmin menilai sudah bukan waktunya lagi bergantung kepada konsumsi rumah tangga sebagai penyumbang kontribusi utama pertumbuhan ekonomi.

Ia mengharapkan investasi maupun ekspor sudah bisa menjadi mesin baru pertumbuhan ekonomi, apalagi pemerintah sudah membenahi proses kemudahan berusaha serta memperbaiki peringkat daya saing.

“Yang harus didorong memang investasi dan ekspor. Pertumbuhan investasi sudah bagus (di triwulan satu 2018), tertinggi dalam dua atau tiga tahun terakhir. Ekspor juga positif, meski impor ikut tumbuh,” katanya.

Sebelumnya, BPS mencatat konsumsi rumah tangga tumbuh 4,95%  pada triwulan I-2018 yang didukung oleh sejumlah peningkatan fenomena belanja masyarakat.

Salah satunya adalah rata-rata tingkat penghunian kamar hotel dalam periode ini yang tumbuh 4,62%  atau lebih tinggi dari triwulan I-2017 yang tumbuh 2,31%.

Selain itu, nilai transaksi kartu debit dan kredit juga tumbuh 11,7%, atau menguat dibandingkan triwulan I-2017 yang hanya tumbuh 9,25%.

Meski tumbuh sebesar 4,95%, pencapaian konsumsi rumah tangga ini tidak lebih baik dari pencapaian periode sama 2017 yang hanya mencapai 4,94%.

Artikel Terkait:   Pengusaha Usul DJP Tetap di Bawah Kemenkeu

Saat ini, konsumsi rumah tangga masih menyumbang struktur terbesar dalam PDB pada triwulan I-2018, yaitu 56,8% diikuti Pembentukan Modal Tetap Bruto 32,12%  dan ekspor 21,12%.(ki)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com