RI Siap Bantu Rekonsiliasi Afghanistan

Selasa, 21 November 2017

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM  – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan High Peace Council Islamic Republic of Afghanistan, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (21/11) pagi. 

Awali sambutan, Presiden Jokowi sampaikan ucapan selamat datang kepada Yang Mulia Ketua Dewan Perdamaian Tinggi Afghanistan Mohammad Karim Khalili dan delegasi Afghanistan.

Dia  menambahkan bahwa dirinya senang dapat berkenalan untuk pertama kalinya, sejak pertemuan terakhir dengan Presiden Ashraf Ghani pada April lalu.  

“Saya memiliki minat terhadap usaha perdamaian yang saat ini dilakukan di Afghanistan. Saya sangat mengerti kunjungan Afghanistan ke Indonesia untuk berperan dalam upaya perdamaian dan rekonsiliasi,” ucap  Presiden Jokowi. 

Presiden Jokowi saat bertemu bertemu dengan High Peace Council Islamic Republic of Afghanistan, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (21/11). (Foto: Humas/Oji)

Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan High Peace Council Islamic Republic of Afghanistan, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (21/11). (Foto: Humas/Oji)

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi sangat menyambut baik permintaan Afghanistan dan Indonesia siap untuk membantu. 

“Terkait hal ini, saya telah memerintahkan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi untuk ke Kabul November tahun lalu. Saya gembira dengan hasil pertemuan Ibu Retno dengan dengan Yang Mulia,” ucapnya seperti disitir laman Sekretariat Kabinet.

Setelah pertemuan, Presiden Joko Widodo mengajak delegasi High Peace Council Islamic Republic of Afghanistan santap siang di Grand Garden Resto and Cafe, Kebun Raya Bogor. 

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Wapres Jusuf Kalla, Menko Polhukam Wiranto, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Utusan Khusus Presiden untuk Dialog Antar Agama dan Peradaban Din Syamsuddin. (rdy)

Leave a Comment