Talaud Diguncang Gempa 5,6 SR

Jumat, 29 Desember 2017

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM  – Gempa berkekuatan 5,6 SR mengguncang Talaud, Sulawesi Utara, Jumat (29/12) jam 00.20.23 WIB.  Lokasi gempa  pada 3.88 LS dan 126.86 pada kedalaman 44 km.

Gempabumi ini tidak menimbulkan tsunami, walaupun gempabumi berpusat di laut, karena kekuatannya tidak cukup kuat untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.

Dari hasil monitoring Badan Meteorologi Klimatologi  dan Geofisika (BMKG) selama satu jam telah terjadi gempabumi susulan sebanyak satu kali dengan kekuatan 3.1.

“BMKG terus memonitor perkembangan gempabumi susulan dan hasilnya akan diinformasikan kepada masyarakat melalui media,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG
Drs. Mochammad Riyadi, Msi., Jumat (29/12).

Berdasarkan hasil analisis tingkat guncangan (shakemap), intensitas gempabumi di sekitar Melonguane dan Naha II SIG-BMKG (III-IV MMI). Hal ini sesuai dengan laporan masyarakat yang diterima BMKG bahwa gempabumi dirasakan cukup keras di Melonguane dan Naha dengan intensitas II SIG-BMKG (IV MMI).

“Namun demikian BMKG akan terus memonitor perkembangan dan laporan dari lapangan untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya,” janji Riyadi.

Berdasarkan posisi dan kedalamannya, kejadian gempabumi ini disebabkan aktivitas zona subduksi yang terbentuk akibat penunjaman Lempeng Laut Filipina dan Lempeng Mikro Halmahera.

Riyadi mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan mengikuti arahan  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta informasi dari BMKG.  Masyarakat jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempabumi dan tsunami.

“Agar tetap waspada dengan kejadian gempa susulan yang pada umumnya kekuatannya semakin mengecil,” ucapnya. (rud)

Leave a Comment

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com