Tanpa Inovasi Ekonomi Indonesia Tertinggal

Senin, 23 September 2013

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM –  Menko Perekonomian Hatta Rajasa menegaskan,   tanpa inovasi, ekonomi Indonesia akan stagnan dan tertinggal. Inovasi  harus sejalan dengan teknologi dan harus dimulai dari daerah yang produktif.

“Inovasi itu tidak ada artinya jika tidak masuk pasar dan yang membawa itu adalah technopreneur. Kalau di setiap daerah tidak muncul pusat keunggulan, maka tidak muncul manusia berkualitas,” kata Hatta  dalam workshop bertajuk Kebijakan Inovatif untuk Mempercepat dan Memperluas Pembangunan Ekonomi di Daerah Otonom, di   Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat (20/9).

Menurut dia,  manusia inovasi tidak akan pernah ada jika di daerah bahan mentahnya dijual, maka yang muncul manusia-manusia pekerja.

“Manusia inovasi tidak akan muncul kalau di daerah bahan mentahnya dijual, maka yang muncul manusia-manusi pekerja,” tutur Hatta , seperti dikutip laman Kementerian Koordinator Perekonomian.

Saat ini, kata Hatta, dalam Forum Ekonomi Dunia, perekonomian Indonesia naik pesat menjadi peringkat ke-38 dari sebelumnya peringkat ke-50.

“Ini karena 3 indikator yakni infrastruktur yang sudah bagus, inovasi atau pendekatan teknologi, dan dunia usaha sudah membaik,” ucapnya.  (ra)

 

Leave a Reply