Tepat Hari Sumpah Pemuda, Bandara Silangit akan Layani Rute Internasional

Jumat, 20 Oktober 2017

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Hari Sumpah Pemuda mendatang menjadi momen untuk Bandara Silangit. Setelah ditetapkan menjadi Bandara Internasional, Bandara Silangit akan resmi melayani penerbangan internasional pada 28 Oktober 2017.

Saat ini berbagai fasilitas bandara yang terletak di Siborong-borong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, guna melayani penerbangan internasional masih terus dipersiapkan, mulai dari landasan pacu, terminal penumpang, hingga layanan pendukung.

Direncanakan, Presiden Joko Widodo akan meresmikan pengoperasian bandara internasional tersebut. Tercatat panjang landasan sudah 2.650 meter dengan Pavement Classification Number (PCN) kira-kira 20-35, tetapi untuk membuat semua pesawat jenis 737 bisa mendarat harus ditambah lagi overlay.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat melakukan tinjauan beberapa waktu lalu terkait kesiapan Bandara Silangit melayani penerbangan antarnegara. Dengan memiliki landasan pacu yang sesuai standar, maka Bandara Silangit akan mampu melayani penerbangan pesawat berbadan sedang hingga besar.

Diharapkan akan semakin menarik minat maskapai untuk membuka rute penerbangan dari dan menuju Bandara Silangit.

“Dengan adanya itu traffic dari Jakarta akan lebih banyak, semua pesawat jenis 737 bisa mendarat di sini, itu penting, kalau sekarang ini hanya 737 series dan jenis bombardier,” kata Menhub.

Hingga saat ini, sudah ada beberapa maskapai penerbangan yang telah melakukan penerbangan dari dan menuju Bandara Silangit yakni maskapai Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Wings Air. Berdasarkan data dari PT Angkasa Pura II, saat ini jumlah frekuensi penumpang di Bandara Silangit sudah mencapai 20.000 orang per bulan dan 300.000 orang per tahun.

Tentu saja pengoperasian bandara internasional denan didukung berbagai fasilitas diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan ke kawasan Danau Toba. Guna melayani penerbangan internasional, akan diawali dengan penerbangan charter dari Silangit ke Singapura. Agar wisatawan mancanegara tertarik berkunjung ke Danau Toba, Menhub mengusulkan ada paket wisata.

“Ini kan pertama kali penerbangan internasional, tetapi jangan sampai tidak ada kegiatan, karena ini kan pertama kali ada paket wisata dibawah US$ 300, untuk 3 hari 2 malam kan murah sekali untuk orang Singapura,” kata Budi menuturkan. (au)

Leave a Comment