Wapres: Indonesia-Jepang Mitra Strategis

Kamis, 30 November 2017

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM-Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut Indonesia dan Jepang merupakan mitra dan sahabat yang memiliki hubungan strategis selama hampir 60 tahun.

“Jepang merupakan mitra kerja sama di beerbagai bidang, Indonesia juga mitra kerja sama bagi jepang, dan bagi Jepang, saya yakin Indonesia juga merupakan mitra kerja sama yang sangat penting. Kemitraan kedua negara semakin erat dengan diselenggarakannya Forum Kerja Sama Strategis Bidang Maritim yang ditandatangani tahun 2016,” kata Wapres pada acara resepsi Hari Ulang Tahun Kaisar Akihito ke-84 di Jakarta, Rabu malam (29/11).

Forum Kerja Sama Strategis Bidang Maritim antara Indonesia dan Jepang bertujuan untuk memperkuat dan mempercepat kerja sama maritim di bidang keamanan dan keselamatan maritim, pembangunan ekonomi termasuk infrastruktur dan konektivitas maritim, pelatihan dan pendidikan serta bidang lain yang strategis bagi kedua negara.

Menurut Wapres, peringatan 60 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Jepang pada 2018 mendatang menjadi momentum untuk meninjau kemajuan yang telah dicapai dan upaya untuk meningkatkan kerja sama yang saling menguntungkan kedua negara.

“Kerja sama ini bukan hanya di bidang fisik, tapi juga persahabatan antara dia bangsa,” kata dia.

Pada resepsi yang diselenggarakan di Hotel Mulia Senayan, Jakarta tersebut, Wapres mengucapkan selamat ulang tahun kepada Kaisar Jepang Akihito dan bersulang untuk kemitraan Indonesia-Jepang yang dipimpin Duta Besar Jepang untuk ASEAN Kazuo Sunaga.

“Atas nama Pemerintah dan rakyat Republik Indonesia, saya ingin mengucapkan selamat atas perayaan Hari Ulang Tahun ke-84 Kaisar Jepang, Kaisar Akihito. Untuk itu, pemerintah dan rakyat Indonesia mendoakan kesehatan dan kesejahteraan bagi Yang Mulia Kaisar Akihito,,” kata JK.

Hadir mendampingi Wapres dalam acara tersebut, yakni Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, Staf Khusus Wapres Bidang Reformasi Birokrasi Azyumardi Azra, dan Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi. (ki)

Leave a Comment