2011, TabunganKu Ditargetkan Capai 5 Juta Rekening

Senin, 8 November 2010

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Bank Indonesia  (BI) berharap pada tahun 2011 jumlah rekening TabunganKu bisa mencapai 5 juta rekening, sehingga bisa semakin banyak masyarakat yang mampu menabung bisa dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Untuk mencapai target tersebut, Minggu (7/11), BI meluncurkan  meluncurkan Gerakan Siswa Menabung (GSM) di 41 daerah. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari Gerakan Indonesia Menabung (GIM) yang dicanangkan oleh Presiden RI tanggal 20 Februari 2010 lalu.

Menurut Gubernur BI Darmin Nasution, GSM   bertujuan untuk meningkatkan peran daerah dalam edukasi dan sosialisasi produk TabunganKu khususnya untuk lingkungan pelajar dan sekolah.

“Melalui GSM maka produk TabunganKu diharapkan pada akhir tahun 2010 akan mencapai jumlah rekening sebanyak lebih dari 1 juta dengan total nominal Rp 500 miliar. Dimana sampai 31 Juli 2010 telah tercatat lebih dari 600.000  rekening TabunganKu dengan total nominal sebesar Rp 520 miliar, dan diharapkan ke depan dengan berbagai program lanjutan yang dilakukan bersama dengan perbankan jumlah tersebut bisa lebih besar”,  Darmin memaparkan, Minggu (7/11).

TabunganKu adalah produk tabungan bagi perorangan yang tidak mengenakan biaya administrasi yang dikeluarkan oleh perbankan Indonesia, baik Bank Umum maupun BPR.

Produk TabunganKu tidak hanya ditawarkan oleh Bank Umum dan BPR konvensional namun juga Bank Umum dan BPR Syariah. Dengan setoran awal minimum yang cukup rendah (Rp. 20.000 untuk bank umum dan Rp. 10.000 untuk BPR), produk TabunganKu ini diharapkan dapat menjangkau lapisan masyarakat yang selama ini belum memanfaatkan bank.

Kepala Biro  Hubungan Masyarakat BI Difi A. Johansyah menjelaskan, GSM   akan diselenggarakan dalam dua kegiatan besar. Pertama,  acara Kick-Off GSM yang bentuk kegiatannya disesuaikan dengan keadaan dan kondisi daerah masing-masing.

Artikel Terkait:   Mulai 1 Desember 2010 BPR Wajib Terapkan Program Antipencucian Uang

Kedua,  Kunjungan Bank ke sekolah-sekolah untuk sosialisasi selama November – Desember 2010.

Untuk mensukseskan GSM, perbankan dan Lembaga Penjamin Simpanan memberikan beasiswa bagi sekolah yang gencar mendukung GSM. Penilaian akan dilakukan pada awal tahun 2011 berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan GSM selama bulan November dan Desember 2010.

“Sebanyak 82 paket beasiswa di 41 daerah telah disiapkan untuk diserahkan kepada sekolah-sekolah yang giat menanamkan budaya menabung bagi siswa siswinya,” kata Difi. (ra)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com