Pertumbuhan Investasi pada Triwulan III-2019 Melambat

Oleh sukri

Rabu, 6 November 2019

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM-Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pembentukan modal tetap bruto (PMTB) atau investasi mengalami perlambatan pada triwulan III-2019, yaitu  hanya tumbuh 4,21% atau menurun dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 6,96%.

“PMTB tumbuh 4,21% dan mengalami perlambatan agak dalam,” kata Kepala BPS Suhariyanto, Selasa (5/11).

Suhariyanto mengatakan bahwa perlambatan ini merupakan yang terendah dibandingkan periode yang sama dalam dua tahun terakhir.

Sebelumnya, laju pertumbuhan PMTB pada periode triwulan III-2017 tercatat sebesar 7,08% dan para triwulan III-2018 sebesar 6,96%.

Seluruh komponen PMTB dalam periode triwulan III-2019 seperti bangunan, mesin dan perlengkapan, kendaraan, peralatan lainnya, CBR dan produk kekayaan intelektual tercatat mengalami perlambatan.

“Komponen kendaraan bahkan mengalami kontraksi 6,34% dibandingkan periode sama tahun 2018 yang tumbuh 4,54%,” ujarnya.

Meski demikian, ia memproyeksikan kinerja investasi yang melambat ini akan membaik pada triwulan berikutnya seiring dengan kondisi politik yang lebih stabil usai pemerintahan baru.

“PMTB memang melambat pada triwulan tiga, tapi kita berharap pada triwulan empat akan membaik kembali,” ujar Suhariyanto.

Sebelumnya, BPS mencatat pertumbuhan ekonomi pada triwulan III-2019 sebesar 5,02%  atau sedikit melambat dibandingkan periode sama 2018 sebesar 5,17%.

Dalam periode ini, hanya konsumsi rumah tangga yang tumbuh stabil pada kisaran 5,01%, karena komponen pembentuk Produk Domestik Bruto (PDB) lainnya melambat.

Selain PMTB, konsumsi pemerintah hanya tumbuh 0,98% dan ekspor tercatat naik 0,02% pada triwulan III-2019.

Hanya Konsumsi Lembaga Non Profit Rumah Tangga (LNPRT) yang tumbuh tinggi sebesar 7,44%, namun komponen ini hanya menyumbang 1,25% dalam struktur PDB. (ki)

Silakan baca juga

Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi, BNPB Tambah Dukungan Dana Siap Pakai

Jalan Tol Binjai – Langsa Seksi Kuala Bingai – Tanjung Pura Segera Beroperasi

Kementerian PUPR Jajaki Kerja Sama dengan Finlandia dalam Pengembangan Smart City di IKN

Leave a Comment