Realisasi Penerimaan Pajak Kanwil DJP Jabar II Masih Kurang 23,83%

Selasa, 17 Desember 2019

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat II,Yoyok Satiotomo, menjelaskan bahwa sampai dengan November 2019 Kanwil DJP Jawa Barat II berhasil mengumpulkan penerimaan pajak sebesar Rp 34,72 triliun atau 76,17 persen dari target sebesar Rp 45,58 triliun. Dengan demikian, Kanwil DJP Jabar II masih harus kerja keras mengumpulkan sisa target penerimaan sebesar 23,83%.

Pencapaian penerimaan tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 5,60 persen dari pencapaian tahun sebelumnya. Yoyok Satiotomo mengucapkan terima kasih kepada semua Wajib Pajak yang telah berkontribusi atas pencapaian penerimaan Kanwil DJP Jawa Barat II.

Kanwil DJP Jawa Barat II menerima amanat untuk memungut pajak di tahun 2019 sebesar Rp 45,58 triliun , dimana angka tersebut termasuk dalam 7 besar Kanwil  yang diberi target penerimaan di seluruh Indonesia.

Dalam rangka meningkatkan sinergi dan kemitraan antara Wajib Pajak dan petugas pajak, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Barat II dan seluruh kantor vertikal di bawahnya, Kantor Pelayanan Pajak (KPP), Kamis (12/12), melakukan kegiatan Tax Gathering. 

Kegiatan Tax Gathering ini merupakan wadah pertemuan langsung antara petugas pajak dan Wajib Pajak dari berbagai wilayah kerja KPP  wilayah yang sangat luas yang membentang mulai dari kabupaten Bekasi, Karawang, Subang, Indramayu, Majalengka, Cirebon sampai dengan Kuningan. “Kabupaten/Kota tersebut juga merupakan kawasan-kawasan tujuan investasi primadona di Jawa Barat, yang selalu menduduki peringkat atas realisasi nilai investasi baik Penanaman Modal Asing maupun Penanaman Modal Dalam Negeri,” bunyi keterangan resmi Ditjen Pajak, Kamis (12/12).

Acara Tax Gathering ini dihadiri tidak kurang dari 300 Wajib Pajak yang terdaftar di seluruh wilayah Kanwil DJP Jawa Barat II. Jumlah Wajib Pajak terbesar yang hadir berasal dari wilayah Kabupaten Bekasi dan Karawang, sesuai dengan besarnya jumlah Wajib Pajak, target dan realisasi penerimaan pajak di dua Kabupaten tersebut.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Kanwil DJP Jawa Barat II Yoyok Satiotomo dan dihadiri oleh Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA), Yustinus Prastowo, yang juga menjadi narasumber dengan materi Optimisme pencapaian Penerimaan Pajak 2019 dan Prospek Penerimaan Pajak  2020.

Yoyok Satiotomo mengajak Wajib Pajak senantiasa memperdalam pengetahuan perpajakan dengan mengikuti berbagai sosialisasi perpajakan dan tertib untuk mengaplikasikannya, dan segera menuntaskan kewajiban pajak tahun 2019, dan mempersiapkan dengan baik semua data pembukuan atau pencatatan untuk penyusunan laporan keuangan dan pelaporan SPT Tahunan tahun pajak 2019. Yoyok juga meminta kepada wajib pajak yang memilki jumlah karyawan besar untuk menghimbau karyawannya menyampaikan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi dengan benar dan tepat waktu.

Puncak kegiatan ini adalah pengarahan dari Direktur Jenderal Pajak, Suryo Utomo yang baru ditunjuk oleh Menteri Keuangan pada bulan November 2019 lalu.  Dalam pengarahannya Suryo Utomo mengajak wajib pajak untuk berkomitmen agar melaksanakan kewajiban perpajakannya secara baik dan benar sehingga penerimaan pajak yang ditergetkan dapat tercapai agar DJP makin kuat dalam mewujudkan Indonesia Maju.

Kegiatan ini disambut baik oleh para Wajib Pajak karena mereka bisa berdialog langsung dengan para petugas pajak dan narasumber yang diundang.  “Wajib Pajak juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan testimoni, saran dan masukan atas pelayanan petugas pajak pada saat Wajib Pajak memenuhi kewajiban perpajakannya,” demikian DJP. (rud)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *