Jumlah Pengungsi di Kabupaten Bogor Meningkat, di Jakbar Berkurang

Jumat, 10 Januari 2020

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Berdasarkan data yang dihimpun oleh Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB 10 Januari 2020 pukul 06.00 WIB menunjukkan peningkatkan jumlah pengungsi di Kabupaten Bogor yang berasal dari Kecamatan Jasinga dan Kecamatan Cigudeg menjadi 22.504 orang karena sebelumnya belum terlaporkan. Jumlah pengungsi juga mengalami peningkatan di Kota Bekasi yang semula 56 orang menjadi 65 orang.

Selain peningkatan, jumlah pengungsi juga terus menurun secara signifikan di Jakarta Barat yang semula 484 orang menjadi 150 orang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem dengan curah hujan tinggi masih akan berlangsung dan berulang hingga pertengahan Februari. Pemerintah Daerah dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dihimbau untuk selalu waspada, melakukan pemantauan bencana. koordinasi dengan instansi terkait dan sosialisasi antisipasi bencana kepada masyarakat. “Penting untuk dapat menentukan status keadaan darurat serta mempersiapkan posko pengungsian, logistik dan peralatan,” kata Agus Wibowo, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Jumat (10/1).

Masyarakat juga dihimbau untuk selalu siap siaga dengan membuat rencana antisipasi bencana, mencatat nomor telepon penting, membentuk komunitas siaga bencana dengan melakukan kegiatan gotong royong seperti kerja bakti, menentukan jalur evakuasi dan titik kumpul aman, mempersiapkan perbekalan dengan Tas Siaga Bencana, mengamankan dokumen penting serta segera laporkan jika ada kerusakan atau tanggul bocor ke Kelurahan/Kecamatan/BPBD terkait. (udy)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *