Penyaluran Bantuan Modal Kerja UMKM agar Dipercepat

Selasa, 11 Agustus 2020

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM-Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) meminta penyaluran bantuan modal kerja bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dipercepat agar bisa berkontribusi mendorong pemulihan ekonomi nasional.

“Intinya harus cepat penyalurannya. Makin cepat (penyaluran) maka makin cepat juga kita mengejar ekonomi triwulan III menjadi positif,” kata Ketua Umum Akumindo Muhammad Ikhsan Ingratubun di Jakarta, Selasa (11/8).

Ikhsan mengungkapkan asosiasi menyambut baik program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang salah satunya juga memberikan stimulus bantuan bagi pelaku UMKM agar mampu bertahan di tengah pandemi COVID-19.

Bantuan stimulus berupa relaksasi dan restrukturisasi kredit serta diskon listrik disebut Ikhsan, telah dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM. Ia berharap bantuan uang tunai Rp2,4 juta bagi pelaku UMKM berupa hibah untuk modal kerja juga bisa tersalurkan dengan segera.

Pelaku UMKM khususnya yang berada di bawah naungan Akumindo telah menerima surat persyaratan mengenai UMKM yang bisa mendapatkan bantuan tersebut dan akan segera mulai mengajukan diri.

“Mekanisme yang bisa dapat hibah itu pengusaha yang (namanya) tidak pernah masuk ke bank, saldonya kurang dari Rp 2 juta, dan dia harus menunjukkan usahanya apa. Kami akan lengkapi persyaratan ini sesuai mekanisme untuk diajukan,” katanya.

Ikhsan menambahkan stimulus lain dalam program PEN di mana pemerintah mendorong pertumbuhan konsumsi dan mendukung daya beli juga turut diapresiasi. Ia berharap dengan adanya uang untuk berbelanja, maka UMKM juga akan semakin menggeliat.

“Maka semakin cepat penyalurannya, selesai perangkat hukumnya, akan membantu meningkat ekonomi bangsa ini, terutama bagi pelaku UMKM,” katanya. (ki)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *