Dukung Pemulihan Ekonomi di Sentra Bisnis, Mendag Hadiri Penyaluran Kredit Usaha Rakyat

Senin, 24 Agustus 2020

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mendukung upaya-upaya pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19. Untuk itu, Mendag Agus menghadiri penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) dan penyerahan tanggung jawab sosial perusahaan di Desa Budaya Kertalangu, Denpasar, Bali, Sabtu (22/8). Agenda ini merupakan bagian dari rangkaian acara Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RKTM) Bidang Perekonomian, Jumat-Sabtu (21-22/8). Pertemuan tersebut membahas penanganan Covid-19 dan upaya pemulihan ekonomi nasional saat pandemi.

“Covid-19 sangat berdampak pada ekonomi global dan nasional. Karena itu, Kementerian
Perdagangan berkomitmen memulihkan perekonomian nasional bersama,” ungkap Mendag Agus.
Strategi kemendag untuk membantu pemulihan ekonomi nasional meliputi penerapan strategi yang berorientasi produk bagi komoditas-komoditas yang terpengaruh pandemi. Produk-produk yang disasar sebagai fokus perhatian antara lain yang tumbuh positif di kala pandemi, berhasil memulihkan diri, atau justru muncul dengan memanfaatkan momentum pandemi.

Sementara itu, strategi yang berorientasi pasar berhubungan dengan pemilihan target pasar ekspor ke negara-negara yang menunjukkan tanda-tanda pulih dari pandemi.

Untuk mendukung aktivitas perdagangan di pasar rakyat yang mematuhi protokol kesehatan,
Kemendag memberikan bantuan bagi pasar rakyat berupa masker, alat pelindung diri, tempat cuci
tangan, sabun, hand sanitizer, dan bilik disinfektan. Mendag Agus menekankan bahwa aktivitas
ekonomi sehari-hari harus dibarengi dengan kesadaran mematuhi protokol kesehatan selama
pandemi.

“Protokol kesehatan ini penting dan kita harus mengedepankannya. Hal ini untuk menjamin rasa aman masyarakat ketika berkegiatan, termasuk saat belanja ke pasar. Kalau kita disiplin mematuhi protokol kesehatan, kita akan bisa berkegiatan di era adaptasi kebiasaan baru (AKB),” kata Mendag Agus. (ray)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *