Buton Selatan Diguncang Gempa M5,4

Jumat, 9 Oktober 2020

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Gempa dengan magnitudo 5,4 dirasakan warga Buton Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Jumat (9/10), pukul 09.57 WIB. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buton Selatan melaporkan bahwa warga sempat panik dan keluar ruangan saat gempa terjadi. 

Masyarakat Buton Selatan merasakan getaran selama 1 hingga 2 detik. Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat masih melakukan kaji cepat di lapangan. Laporan sementara menyebutkan tiga ruangan di Kantor Bupati mengalami keretakan serta beberapa ruko rusak. Saat ini tim reaksi cepat (TRC) BPBD masih melakukan pendataan di lapangan. 

Sedangkan di Kabupaten Baubau di provinsi yang sama, warga tidak merasakan gempa tersebut. Hasil analisis Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa M5,4 ini memiliki skala MMI atau Modified Mercalli Intensity untuk wilayah Buton dan Buton Selatan III MMI dan Baubau II MMI. MMI merupakan satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. 

BMKG mengeluarkan parameter gempa yang berpusat di laut 47 km barat daya Buton Selatan dan 60 km barat daya Baubau. Kedalaman gempa berada pada 10 km. “Berdasarkan hasil pemodelan, gempa tidak berpotensi tsunami,” kata Raditya Jati, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Jumat (9/10).

Wilayah Sulawesi Tenggara merupakan salah satu provinsi dengan potensi bahaya gempa bumi dengan kategori sedang hingga tinggi. Sebanyak 16 kabupaten berada pada kawasan dengan kategori tersebut dengan luas bahaya mencapai 1.103.991 hektar.  (udy)

Leave a Comment