Kabupaten Lima Puluh Kota Dilanda Banjir, 406 KK Sempat Terisolasi

Oleh rudya

Senin, 15 Maret 2021

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Sebanyak 406 KK sempat terisolasi akibat banjir yang terjadi di Nagari Simpang Sugiran, Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Sabtu (13/3). 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lima Puluh Kota menginformasikan hujan deras berdurasi 4 jam memicu Sungai Bt. Bondar Datuak Amat meluap. Derasnya arus sungai menyebabkan jembatan penghubung Simpang Sugiran dan Suayan terputus. Upaya penanganan darurat segera dilakukan untuk membangun jembatan darurat. 

Warga yang berada di dua Jorong yang sempat terisolir kini sudah tidak terisolir. Jembatan darurat yang berhasil dibangun sementara ini hanya dapat dilalui kendaraan roda dua. 

Sementara itu, 406 keluarga atau sekitar 1.223 jiwa dari dua jorong terisolasi akibat insiden ini. Sebanyak 211 KK atau 633 jiwa terisolasi di Jorong Lakuang, sedangkan sisanya di Jorong Baliak. Selain wilayah yang terisolasi, banjir mengakibatkan 1 unit rumah rusak berat. 

“BPBD segera berkoordinasi dengan dinas terkait untuk penanganan darurat, seperti Dinas PURP, TNI, Polri, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, Satpol PP, pemerintahan kecamatan dan nagari. Penanganan darurat dilakukan dengan membuat jembatan darurat agar dapat dilalui kendaraan roda dua,” ungkap Dr. Raditya Jati, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB. (rdy)

Silakan baca juga

Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi, BNPB Tambah Dukungan Dana Siap Pakai

Jalan Tol Binjai – Langsa Seksi Kuala Bingai – Tanjung Pura Segera Beroperasi

Kementerian PUPR Jajaki Kerja Sama dengan Finlandia dalam Pengembangan Smart City di IKN

Leave a Comment