BI: Jelang Lebaran, Transaksi E-Commerce Bakal Melonjak

Oleh sukri

Kamis, 15 April 2021

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM- Bank Indonesia (BI) memperkirakan akan terjadi peningkatan transaksi secara signifikan di berbagai platform e-commerce menjelang Lebaran 2021.

“Pada 5 Mei ada Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) dan menjelang itu ada banyak promo yang dilakukan e-commerce. Ada beberapa info transaksi di e-commerce akan meningkat,” ujar Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta, Rabu (14/4).

Fili menyebutkan program belanja yang telah dipersiapkan e-commerce, di antaranya Tokopedia dengan promo gratis ongkir menggunakan Go Send, Shopee dengan program Goyang Berkah 10 Miliar, Blibli dengan program Festival Ramadhan, dan Lazada dengan program Lazada Amana.

Ia meyakini berbagai program promo di e-commerce tersebut akan meningkatkan transaksi digital banking, sms banking, dan internet banking.

Digital banking pasti akan meningkat sama dengan pada saat Natal dan Tahun Baru, sms dan internet banking meningkat,” ujar dia.

Bank Indonesia mencatat peningkatan digital banking secara volume pada tahun lalu mencapai 41% dan secara nominal meningkat 2,7%.“Pangsa di e-commerce baik transfer bank, uang elektronik dan kredit, itu metode-metode di pembayaran di e-commerce. Termasuk pay later akan meningkat pada Lebaran ini,” jelas dia.

Adapun Bank Indonesia memperkirakan transaksi digital banking sepanjang 2021 akan mencapai Rp 32.206 triliun atau lebih tinggi dibandingkan pada 2020 yang sebesar Rp 27.036 triliun.

Bank Indonesia juga mencatat pada Februari 2021, nominal transaksi e-commerce mencapai Rp 27,2 triliun, naik 45,28%  (yoy) dan secara volume naik 107,1% (yoy) menjadi 174,6 juta transaksi. (ki)

Silakan baca juga

Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi, BNPB Tambah Dukungan Dana Siap Pakai

Jalan Tol Binjai – Langsa Seksi Kuala Bingai – Tanjung Pura Segera Beroperasi

Kementerian PUPR Jajaki Kerja Sama dengan Finlandia dalam Pengembangan Smart City di IKN

Leave a Comment