Bolaang Mongondow Selatan Diguncang Gempa M 5,3

Rabu, 9 Juni 2021

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara merasakan gempa dengan kekuatan Magnitudo (M) 5,3 pada Selasa (8/6) pukul 12.00 WIB. Guncangan gempa dirasakan lemah selama beberapa detik dan tidak menyebabkan kepanikan.

Badan Meteorlogi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis data pada laman websitenya www.bmkg.go.id, bahwa pusat gempa berada di darat 26 km Barat Daya Bolaanguki atau 0.35 Lintang Utara – 123.75 Bujur Timur dengan kedalaman 185 km. 

BMKG mencatat intensitas kegempaan dengan skala MMI (Modified Mercalli Intensity) yang menunjukan wilayah Bolaang Mongondow Selatan II MMI. 

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan BPBD Kabupaten Bone Bolango sama-sama melaporkan adanya guncangan gempa namun belum ada laporan dampak dan kerusakan. Petugas BPBD hingga saat ini masih melakukan pemantauan situasi pasca gempa.

Menurut kajian InaRISK, wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow memiliki risiko bencana gempabumi sedang hingga tinggi dengan luas risiko 6.804 hektar atau sebanyak 12 kecamatan terpapar. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga terhadap potensi bahaya gempa susulan. “Dampak korban jiwa biasanya terjadi karena reruntuhan bangunan dan bukan gempanya,” kata Dr. Raditya Jati, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB. (rud)

.

Leave a Comment