3 Sasaran MDGs Masih “Ketinggalan Kereta”

 

Rabu, 1 Februari 2012

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM –  Wakil  Presiden Boediono menyatakan,  sasaran Milenium Development Goals (MDGs) yang  telah  dicapai  bertujuan untuk mengangkat tingkat kesejahteraan manusia Indonesia.

Pencapaian itu  sekaligus  menunjukkan posisi dan peringkat Indonesia  di antara bangsa-bangsa di dunia.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras kita  semua  gerakan  MDGs  di tanah  air  mencapai  banyak kemajuan.   Namun ini bukan waktunya berpuas diri.  Ada tiga sasaran  yang  ‘ketinggalan kereta’  dan  perlu  perhatian sangat khusus dan kerja ekstra keras  kita  kalau  kita  ingin mencapai sasaran MDGs kita pada 2015,” Boediono mengingatkan dalam sambutan pada malam penganugerahan penghargaan MDGs Indonesia Tahun 2011, Rabu (1/2).

Ketiga sasaran yang ketinggalan itu adalah angka kematian ibu melahirkan; penanggulangan HIV/AIDS; dan akses air minum dan sanitasi dasar  yang layak.

“Saya senang bahwa Indonesia MDGs Award 2011 (IMA 2011) juga memberi penekanan khusus pada bidang-bidang yang ketinggalan ini.   Mari kita bekerja lebih keras untuk mengejar ketertinggalan itu,” ucapnya.

Penghargaan itu diberikan   sebagai pengakuan atas   prestasi   dan  dedikasi  yang diberikan  dengan  ikhlas   oleh mereka yang hatinya tersentuh untuk mengangkat  harkat  dan martabat manusia.

Penerima penghargaan    ini   berasal   dari pemerintahan, dunia usaha dan berbagai  organisasi kemasyarakatan. Bahkan banyak diantaranya  yang melaksanakan karya nyata  di akar rumput di berbagai penjuru tanah air.

Millenium Development Goals (MDGs) adalah gerakan sedunia untuk mengangkat martabat manusia. Indonesia  telah memutuskan untuk  menjadi bagian  dari  gerakan  global   itu.

Indonesia, kata Wapres,  telah memberikan janji dan komitmennya  kepada  dunia untuk  mengangkat  harkat manusia Indonesia melalui delapan jalur MDGs.

“Apabila    saya    menyebut Indonesia maknanya adalah bangsa Indonesia. Bukan hanya Pemerintah  Indonesia. Tetapi seluruh  komponen  bangsa. Malam ini kita menyaksikan bagaimana  berbagai  unsur masyarakat Indonesia ikut aktif untuk memenuhi komitmen  itu. MDGs  adalah  “gawe”  kita bersama,  hajat  bangsa,” katanya. (ra)
 

Leave a Comment

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com