Aturan Pelaksana Tax Holliday Telah Terbit

 

Selasa, 3 Januari 2012

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Direktorat Jenderal Pajak (DJP)  telah menerbitkan dua peraturan berkaitan dengan pelaksanaan tax holliday (keringanan pajak)  akkhir Desember 2011.

Penerbitan  Peraturan Dirjen Pajak   Nomor PER-45/PJ/2011 dan PER-44/PJ/2011 dimaksudkan untuk memperlancar  proses administrasi  pemberian fasilitas  tax holliday.

“Kedua aturan  pelaksana tersebut  mengatur tentang penetapan saat dimulainya berproduksi   secara komersial   bagi wajib pajak (WP)  yang mendapatkan  fasilitas tax holliday  dan tata cara pelaporan  penggunaan dana dan  realisasi  penanaman modal bagi WP Badan yang mendapatkan  fasilitas tax holliday,” Dedi Rudaedi, Direktur Penyuluhan Pelayanan  dan Humas DJP menjelaskan, belum lama berselang.

Peraturan Dirjen Pajak Nomor PER-45/PJ/2011 menetapkan, saat dimulainya berproduksi  secara komersial  bagi WP Badan yang telah memperoleh  Keputusan Menteri Keuangan  mengenai  pemberian  fasilitas  tax holliday  adalah pada saat mereka  telah merealisasikan  seluruh rencana  penanaman  modal dan telah  melakukan penjualan  hasil produksinya  ke pasaran.

“BIla  kedua persyaratan ini  terpenuhi,  maka WP Badan tersebut  baru dapat  memanfaatkan fasilitas tax holliday  yang diberikan,” katanya.

Sementara Peraturan DIrjen Pajak  Nomor PER-44/PJ/2011 menetapkan bahwa  laporan penggunaan dana WP  Badan  yang mendapatkan   fasilitas tax holliday  harus disampaikan secara triwulanan. Sedangkan  untuk laporan realisasi  penanaman modal  yang telah diaudit  harus disampaikan  secara tahunan.

“Kedua  laporan tersebut disampaikan  kepada Dirjen Pajak dan Komite Verifikasi Pemberian Fasilitas   Tax Holliday,” ucap Dedi. (ra)

Artikel Terkait:   Pertamina Latih 5.000 Calon Tenaga Kerja Proyek RDMP Balikpapan

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com