BI Optimistis Pertumbuhan Ekonomi di Rentang 5,1%-5,5%

Kamis, 7 Juni 2018

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM-Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Waluyo, optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2018 masih akan berada dalam rentang proyeksi 5,1% sampai 5,5%.

“Kami masih tetap akan optimistis, meskipun kenaikan suku bunga akan sedikit menurunkan koreksi atas proyeksi di awal tahun namun tidak akan mengubah dari sisi kisaran kita di 5,1%-5,5%,” kata dia, ditemui usai diskusi di kantor Center for Strategic and International Studies (CSIS), Jakarta, Rabu (6/6).

Menurut dia, faktor pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2018 akan lebih banyak disumbang oleh investasi dan konsumsi.”Kalau kita melihat konsumsi, perkiraan BI akan lebih baik. Aktivitas politik dan olahraga akan mendorong tambahan di konsumsi kita,” ujar dia.

Diungkapkan, konsumsi berkontribusi 54% ¬†terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, sehingga kenaikan sedikit dari faktor tersebut akan mampu mendorong pertumbuhan lebih baik.¬†“Dan yang kedua adalah investasi, kita pembiayaan infrastruktur akan terus dilakukan pemerintah,” kata dia.

Sementara itu, Bank Dunia merevisi ke bawah proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2018 menjadi 5,2% dari sebelumnya 5,3%.

Perkiraan itu seiring dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi global yang melambat dan arus perdagangan yang menurun dari level tertingginya baru-baru ini.

Menurut Bank Dunia, meningkatnya proteksionisme perdagangan, terdapat risiko riil bahwa percepatan perdagangan global baru-baru ini dapat terhenti dan membebani ekspor Indonesia dan dengan demikian menghambat pertumbuhan.

Peningkatan lebih lanjut dalam langkah-langkah dan sentimen proteksionis tersebut, dapat mengakibatkan hambatan yang lebih besar dari sektor eksternal terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. (ki)

Leave a Comment

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com