BMKG: Awan Garis Lurus di Yogyakarta Bukan Awan Gempa

Jumat, 8 Juni 2018

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM  –  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menegaskan,  belum ada teori ilmiah yang dapat dijadikan rujukan  terkait fenomena awan yang dihubungkan dengan prakiraan akan terjadinya gempabumi . Apalagi sudah  disimpulkan secara deterministik disebutkan akan terjadi gempabumi besar dalam  waktu 2-3 hari kedepan.

“Memang ada beberapa paper yang menghubungkan fenomena awan dengan kejadian gempa bumi tektonik, tetapi hal itu masih sebagai  hipotesis,” kata  Deputi Bidang Geofisika BMKG  Dr. Muhamad Sadly M.Eng,  belum lama berselang.

Sebelumnya, beredar gambar   awan “garis lurus”,  yang diisukan berkorelasi dengan kemungkinan akan terjadi gempa bumi besar, yang   diambil dari Kalikuning Yogya.

Dalam meteorologi, kata Sadly,  syarat terbentuknya awan harus ada uap air yang  cukup, temperatur lingkungan rendah, adanya aerosol (polutan) dan ketidakstabilan atmosfer.

“Apakah syarat terbentuknya awan tersebut sudah terpenuhi saat gambar diambil?” tanya Sadly.

Berdasarkan hasil monitoring dan analisis magnet bumi, TEC dan Radon milik  BMKG di Yogjakarta (Sleman, Pundong dan Piyungan) tidak menunjukkan adanya tanda awal (Anomaly) akan terjadi gempa bumi pada tanggal 1 Juni 2018 (saat gambar di upload di Facebook akun Kota Yogya) maupun beberapa hari  sebelumnya.

Menurut Sadly, awan garis lurus yang memanjang dari barat ke timur diperkirakan terbentuk oleh lintasan pesawat, hal ini sesuai dengan ciri ketebalan awan dari barat ke arah timur yang semakin tebal sesuai dengan arah jalannya pesawat, waktu kemunculan
awan yang singkat dan panjangnya lintasan.

“Awan garis lurus pada gambar tersebut diatas bukan merupakan awan gempa dan tidak  berkorelasi dengan terjadinya gempa bumi sebagaimana yang diisukan,” Sadly menyimpulkan. (dya)

Artikel Terkait:   KP3 akan Periksa Pupuk NPK Palsu

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com