Dampak Krisis Keuangan Global Harus Dihadapi Bersama

Senin, 22 November 2010

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM –  Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution mengatakan,  upaya yang dilakukan oleh masing-masing bank sentral dalam menghadapi dampak krisis keuangan global tidak akan pernah cukup karena masalah yang dihadapi sangat kompleks. Oleh karena itu, akan lebih efektif jika bank sentral bisa bekerja bergandengan tangan dengan bank sentral lain untuk menghadapi masalah tersebut.

“Dengan melakukan diskusi dan pertukaran informasi, diharapkan akan ditemukan ide-ide baru terkait dengan pengelolaan risiko dan tantangan perekonomian masing-masing negara,“  Darmin Nasution menjelaskan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) mengenai Pengawasan Perbankan Lintas Negara dengan   Managing Director Monetary Authority of Singapore (MAS), Heng Swee Keat, di Bali, akhir pekan lalu.

Penandatanganan MoU tersebut merupakan bagian dari pertemuan kedua bank sentral (bilateral meeting) antara Bank Indonesia (BI) dengan Monetary Authority of Singapore (MAS), pada 19 – 20 November 2010, di Bali.

Dalam pertemuan tersebut kedua belah pihak juga membicarakan sejumlah masalah  terkait tiga hal. Pertama,  pemanfaatan aliran modal yang saat ini terjadi di kawasan agar menjadi lebih bermanfaat untuk pengembangan pasar keuangan domestik dan regional, terutama untuk pendanaan pembangunan.

Kedua,   penajaman mekanisme transmisi moneter dalam kaitannya dengan isu bersama mengenai kelebihan likuiditas.

Ketiga,   peningkatan efisiensi dalam industri perbankan.

“Bentuk kerjasama regional yang lebih besar, khususnya di bidang pertukaran informasi, akan menjadi aspek penting yang perlu ditingkatkan,” tambah Darmin.

Sebelumnya, pertemuan serupa juga telah dilakukan BI dengan Bank Negara Malaysia pada 17 April 2010 di Kuala Lumpur, Malaysia, yang juga menghasilkan MoU serupa. Pertemuan serupa juga akan dilakukan oleh BI dengan bank sentral lainnya terutama di kawasan ASEAN. (ra)

Leave a Comment

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com