Industri Butuh Kontribusi Litbang Terapan

Selasa,  5 Mei 2015

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM –   Penelitian dan pengembangan (litbang) dituntut untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, nilai tambah, daya saing, dan kemandirian bidang industri.

Plt. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian Imam Haryono menyatakan, daya saing di bidang industri suatu negara ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya adalah kesiapan dalam penerapan dan penguasaan teknologi, dan yang kedua adalah kemampuan untuk berinovasi.

“Untuk itu, sebagai bangsa yang ingin maju, kita harus meningkatkan kemampuan dalam penguasaan teknologi dan berinovasi. Teknologi yang berkembang semakin cepat dan semakin mutakhir harus dikuasai dan harus disebarkan ke masyarakat sehingga dapat diterapkan di industri,”  kata  Imam pada Pembukaan Pameran Hasil Litbang dan Layanan Jasa Teknis Industri Tahun 2015 di Kementerian Perindustrian, Selasa (5/5).

Menurut Imam,  dunia usaha, khususnya sektor industri, sangat membutuhkan litbang terapan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi.

“Berbagai terapan yang dibutuhkan antara lain litbang yang mengarah pada substitusi bahan baku/bahan penolong dalam rangka mengurangi ketergantungan industri nasional terhadap impor; litbang untuk mengurangi masalah-masalah limbah (meminimalisir terjadinya limbah dan pemanfaatan limbah menjadi produk unggulan); dan litbang untuk konservasi atau substitusi energi dalam mendukung green industry,” papar Imam.

Lembaga litbang terutama Balai Besar dan Baristand Industri di lingkungan BPPI diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dan memiliki komitmen yang lebih kuat.

“Hal ini dapat diwujudkan berupa inovasi dan riset-riset yang dibutuhkan industri;penyediaan solusi teknis terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi oleh dunia industri; revitalisasi fungsi litbang teknologi dalam rangka peningkatan penguasaan teknologi/percepatan alih teknologi dan kemandirian bangsa; dan peningkatan aplikasi hasil-hasil litbang nasional dan perlindungan HKI,” ucapnya.

Artikel Terkait:   Mei, Diperkirakan Terjadi Tekanan Kenaikan Harga

Pameran  Hasil Litbang dan Layanan Jasa Teknis Industri Tahun 2015 i menampilkan capaian kemampuan pelayanan jasa teknis dan berbagai hasil litbang Balai. Antara lain, litbang untuk mendukung ketahanan pangan, seperti: Produksi Edible Film Komposit Pati Jagung, Karagenan Lipit dan Antioksidan untuk Kemasan Langsung Makan; bahan olahan ikan; produk olahan rumput laut; Produk Sagu; Tepung Gadung; Produk olahan bengkoang; Diversifikasi Produk Makanan dan Minuman Cokelat.

Selain itu,   litbang untuk mendukung energi baru terbarukan seperti: Desain dan Pembuatan Prototipe Mesin Pengering Tenaga Surya; Perangkat Hybrid dan Synchronizer Power Supply (Solar Cell); Pengembangan Peralatan Umpan Batubara Pada Pengeringan Bahan Di Industri Sebagai Substitusi Bahan Bakar Kayu dan Sekam.

Pameran diikuti oleh 11 Balai Besar, 11 Baristand Industri, Balai Sertifikasi Industri (BSI) dan BPPI Pusat serta dimeriahkan dengan produk dari perusahaan Mitra/Binaan Balai. (ra)

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com