Kadin: Isu Kepastian Hukum Muncul di Tahun Politik


Kamis, 14 Februari 2019

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM  – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) mengakui kalangan pengusaha tidak berani berinvestasi pada tahun politik. Hal itu terjadi lantaran kebijakan yang gampang berubah. 

Wakil Ketua Umum Kadin, Suryani Motik mengatakan bahwa pengusaha sangat membutuhkan kepastian hukum dalam berusaha. Hal ini menjadi perhatian utama pengusaha untuk berinvestasi di Indonesia. 

“Siapa pun pemerintahnya, ini (kepastian hukum) jadi yang utama. Saat industrialisasi terjadi, kepastian hukum jadi isu. Ini juga jadi persoalan di tahun politik. Tidak ada yang berani investasi di tahun politik ini,” kata Suryani dalam diskusi “Potret Ekonomi di Tahun Politik” di tvOne, semalam.  

Ia juga mengomentari kebijakan ekonomi selama empat tahun lebih pemerintahan Jokowi-JK. Pemerintah Jokowi setidaknya telah mengeluarkan sebanyak 16 paket kebijakan ekonomi. Namun dinilainya tidak diikuti dengan implementasi yang baik. 

“Terakhir paket ke-16 dikritik, terus dicabut lagi. Karena banyak sekali menyentuh persoalan yang mempunyai dampak signifikan kepada dunia usaha kecil menengah,” katanya. 

Paket kebijakan ekonomi ke-16 yang dimaksudkan adalah pemberian tax holiday, relaksasi Daftar Negatif Investasi (DNI), dan pengaturan devisa hasil ekspor untuk Sumber Daya Alam (SDA).

Namun begitu, Suryani berkelakar bahwa tahun politik ada baiknya juga bagi dunia usaha. Ketika ada kebijakan yang tidak sesuai, pengusaha tinggal “berteriak” agar aturan tersebut dicabut atau direvisi pemerintah.  “Kita teriak aja, nanti ditarik tuh (kebijakannya). Tapi policy pemerintah ini memang sangat berpengaruh kepada tumbuh kembangnya dunia usaha,” kata Suryani menambahkan. (au)

Artikel Terkait:   75,21% Konsumen Gunakan KPR untuk Beli Properti Residensial

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com