Mulai 31 Agustus, Duit Jigo Ditarik Dari Peredaran

Rabu, 25 Agustus 2010

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM –  “Priiit, jigo!”  Ungkapan   yang menggambarkan  salam  tempel dengan polisi lalu lintas itu  terkenal sekali pada dekade 70-an. Saat itu  uang Rp 25, yang  dalam bahasa Mandarin disebut jigo,  dianggap cukup untuk “berdamai” dengan pak polisi.  Daripada ditilang, mending  keluar  jigo. Selesai urusan!

Tapi itu dulu.    Empat dekade kemudian,    uang Rp 25 sudah   tidak  bisa lagi dipakai “berdamai” di jalanan.  Kecuali  kalau  ditambah  tiga  nol di belakangnya.

Dalam waktu dekat, nasib duit jigo itu akan tamat riwayatnya sebagai alat pembayaran.   Bank sentral  sudah  memutuskan mencabut  dan menarik dari peredaran uang logam pecahan   Rp 25  tahun   emisi 1991.

Penarikan itu didasari pertimbangan bahwa    uang logam pecahan Rp 25  sudah tidak banyak  dipergunakan oleh masyarakat dalam melakukan pembayaran.

Selain itu,   nilai intrinsik dam biaya  pencetakan  uang logam pecahan Rp 25 tahun emisi 1991  saat ini telah lebih besar  dari nilai nominalnya.

Dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 12/14/PBI/2010 tanggal 13 Agustus 2010    disebutkan bahwa  uang logam rupiah  yang dicabut dan ditarik dari peredaran itu dinyatakan tidak berlaku lagi sebagai alat pembayaran yang sah   terhitung  31 Agustus 2010.

Dijelaskan  bahwa  uang logam  rupiah yang dicabut dan ditarik dari peredaran   itu  dapat ditukarkan  di Bank Indonesia (BI)  dan/atau bank umum dalam jangka waktu tertentu.

Terhitung  31 Agustus 2010 hingga 30 Agustus 2015  penukaran dilakukan di BI dan/atau bank  umum.

Selanjutnya,    mulai 31 Agustus 2015 sampai dengan   30 Agustus  2020 penukaran hanya dapat dilakukan di BI.

Hak untut menuntut  penukaran uang logam rupiah  yang telah dicabut  dan ditarik  dari peredaran   tidak berlaku lagi setelah  10 tahun terhitung  sejak tanggal pencabutan  atau tanggal 31 Agustus 2020. (ra)

Artikel Terkait:   Garuda Indonesia Siap Beli 51 Persen Saham Sriwijaya Air

1 thought on “Mulai 31 Agustus, Duit Jigo Ditarik Dari Peredaran”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com