Pemerintah Kembangkan Budidaya Udang Galah dan Padi

 Jumat, 26 April 2013
Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM –  Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)  telah melakukan kegiatan percontohan dalam rangka stimulasi Gerakan Sejuta Hektar Minapadi (Gentanadi) melalui  model percontohan minapadi seluas 1 hektar pada Kelompok Karya Cipta di desa Penanjung Panjang, Kecamatan  Tebat Karai, Kabupaten  Kepahiang, Provinsi Bengkulu.
Program serupa juga digulirkan pada Kelompok Mina Sari Widodo di Desa Blambangan, Kec. Bawang, Kab Banjarnegara, Prov. Jawa Tengah.
KKP juga mengembangkan budidaya udang galah bersama padi (UGADI) pada Kelompok Makmur Jaya Lima di desa Gunung Jaya, Cisaur, Kecamatan  Cisaat, Kabupaten  Sukabumi, . Jawa Barat. Termasuk program UGADI di desa Pondok Kaso Tanggoh, Kecamatan  Cidahu, Kabupaten  Sukabumi,  Jawa Barat.
“Tahun 2013, KKP akan mengembangkan UGADI seluas 1 hektar masing masing di Kabupaten   Pandeglang dan Kabupaten  Lebak,  Banten serta Kabupaten  Sragen dan Kabupaten   Temanggung,  Jawa Tengah. Untuk  Jawa Barat akan dikembangkan di Kabupaten  Cianjur dan Kabupaten  Garut. Sedangkan di Jawa Timur akan dikembangkan di Kabupaten  Malang,” papar  Direktur Jenderal Perikanan Budidaya (Dirjen PB), Slamet Soebjakto,  dalam   kunjungan kerja di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Jumat (26/4).
Slamet menambahkan, pencapain  target Gentanadi sampai tahun 2015 seluas sejuta hektar tidak cukup hanya dengan kegiatan percontohan. Lebih dari itu diperlukan upaya khusus melalui bantuan kepada kelompok pembudidaya ikan berupa sarana produksi berupa benih, pakan, dan obat-obatan.
Upaya lain, persiapan lahan di kawasan sawah yang berpotensi untuk kegiatan minapadi serta bantuan teknis dan monitoring kepada pembudidaya. Tak kalah pentingnya adalah selalu bekerjasama dengan pihak lain yang secara langsung maupun tidak langsung terlibat dalam gerakan ini. Diantaranya, Kementerian Pertanian, terkait dengan penyuluh pertanian dan pemanfaatan lahan, Kementerian Pekerjaan Umum terkait dengan saluran irigasi dan juga pihak perbankan yang saat ini sudah tertarik dengan usaha budidaya ikan.
“Sinergi dan kerjasama harus dijalin untuk mendukung kesuksesan dan keberlanjutan Gentanadi,” tuturnya.
 Gentanadi hingga saat ini terus dipacu bisa tumbuh di seluruh wilayah Indonesia. Gentanadi yang diinisiasi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ini dinilai mampu meningkatkan performa sawah melalui peningkatan  produksi padi dan ikan atau udang,
Bahkan sejak tahun 2011  Gentanadi dicanangkan sebagai gerakan nasional. Usaha budidaya minapadi dinilai mampu mendukung peningkatan produksi perikanan budidaya dan sekaligus mendukung ketahanan pangan sampai terwujudnya swasembada pangan nasional. (ra)

 

Leave a Comment

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com