Pemerintah Kuasai Saham BPUI dan Askrindo

Selasa, 13 Juli 2010

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM –  Bank Indonesia menyatakan,    proses divestasi saham pada PT. Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (PT BPUI) dan PT. Asuransi Kredit Indonesia (PT Askrindo) secara hibah kepada Negara Republik Indonesia melalui penandatanganan akta perjanjian hibah antara Bank Indonesia dengan Kementerian Keuangan pada tanggal 12 Juli 2010, telah  rampung.

“Dengan selesainya proses divestasi saham PT BPUI dan PT Askrindo dari Bank Indonesia kepada Negara Republik Indonesia tersebut, maka saham PT BPUI dan PT Askrindo secara keseluruhan dimiliki oleh Negara Republik Indonesia,” Difi Johansyah, Kepala Biro Direktorat Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat Bank Indonesia mengungkapkan,  Selasa (13/7).

Proses divestasi itu merupakan   tindak lanjut dari amanat Undang-undang Bank Indonesia, dan persetujuan Komisi XI DPR RI.

Dalam Rapat Kerja Komisi XI DPR RI dengan Menteri Keuangan, Menteri Badan Usaha Milik Negara, dan Pejabat Sementara Gubernur Bank Indonesia tanggal 25 November 2009, disetujui bahwa divestasi penyertaan Bank Indonesia pada PT BPUI dan PT Askrindo dilakukan secara hibah kepada Negara Republik Indonesia.

Berdasarkan amanat Undang-undang No. 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia, sebagaimana diubah terakhir dengan Undang-undang No. 6 Tahun 2009, Bank Indonesia wajib melepaskan seluruh penyertaannya pada badan hukum atau badan lainnya yang tidak terkait dengan pelaksanaan tugas Bank Indonesia. (ra)

Leave a Comment

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com